JOGJA Life between Culture and Nature

706

“Lekuk gemulai nan lentik menyibak kain sampur menyiratkan kelembutan, berpadu gagah kepahlawanan melukiskan jiwa ksatria yang terbalut oleh karakter setiap topeng dalam seni budaya tari di Jogja. Alam yang megah namun juga menyimpan misteri bukan lagi menjadi ketakutan, justru menjadi kekuatan untuk menyerap segala energi dan mewujudkan dalam sebuah budaya.

Jogja memangku budaya, merangkul alam dan menyelaraskan dalam nafas kehidupan” Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang lebih popular disebut Jogja merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang punya banyak keistimewaan. Secara kosmologi dan filsafat Jawa, Jogja terdiri dari bentang alam yang dianggap sebagai cerminan dari alam semesta yang dikenal dengan istilah Sumbu Imajiner. Sumbu kasat mata ini terbentang membentuk garis lurus yang mengubungkan Laut Selatan (Samudera Hindia) di selatan Jogja dengan Gunung Merapi di utara.

Laut Selatan sebagai simbol air dan Gunung Merapi sebagai simbol api, keduanya melambangkan keseimbangan. Jogja merupakan kota dengan seribu cerita dan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Karena keunikannya, tak heran deh kalau banyak para turis baik luar maupun dalam negeri ingin mempelajari berbagai budaya yang ada di kota ini dan bahkan ada yang sampai menetap lho! Menawarkan wisata alam yang tak terhitung jumlahnya dengan deretan pantai-pantai indah hingga sejuknya pemandangan pegunungan yang bisa kamu nikmati dengan mata telanjang.

Selain pariwisata yang jadi pendongkrak ekonomi, kota ini juga tidak lepas dari kesenian budaya yang menarik setiap pengunjungnya. Suguhan atraksi alam yang unik seperti gunung, pantai dan gua akan memanjakan mata kita yang tentunya sangat membuat rileks yang penat akan aktivitas. Dengan mengunjungi tempat-tempat berikut, rasa lelah dan penatmu pun dijamin langsung hilang. Yang nggak ketinggalan tentunya kuliner khas yang bisa kamu temukan dengan ragam kulinernya seperti gudeg, sate klatak, soto, hingga angkringan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Soal nilai sosial budaya, masyarakat Jogja sangat menjunjung tinggi hingga terkenal akan keramahannya. Kekuatan budaya ini juga tercermin dari kebiasaan masyarakatnya yang memegang prinsip unggah-ungguh, sopan-santun dan tepa-selira. Nilai sejarah yang terkandung dalam peninggalannya pun menjadi daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara maupun dalam negeri yang ingin mempelajari sejarah Indonesia. Nah, tertarik untuk datang kembali ke Jogja? Jogja… Life between Culture dan Nature…..