Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-41, Hamzah Batik mempersembahakan pertunjukan spektakuler Sendratari Sang Hanoman. Karya ini terinspirasi dari Epos Hanoman dan pertama kali ditampilkan tadi malam (26/2) pukul 19.00 WIB di lantai 3 Hamzah Batik, Jl Margo Mulyo no.9. Dalam penampilan perdananya, Sang Hanoman dibawakan dengan sangat detail didukung dengan tata musik, tata lampu dan para penari yang membawakan dengan sangat apik.

Sang Hanoman mengisahkan tentang seekor kera putih Hanoman yang berusaha menyelamatkan Dewi Sinta istri Rama yang diculik oleh raksasa bernama Rahwana. Dalam upayanya menyelamatkan Dewi Sinta, Hanoman sempat dibakar oleh pasukan Rahwana namun tidak mempan dan akhirnya memporak-porandakan Alengka yang menjadi tempat Dewi Sinta ditahan. Drama penculikan Dewi Sinta berakhir dengan kekalahan Rahwana di tangan Rama suami Dewi Sinta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, SH., M,Ed turut hadir memberikan sambutan dalam acara ini. Ini menjadi dukungan Dinas Pariwisata DIY akan penyelenggaraan event ini yang nantinya akan banyak menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke DIY. Sendratari Sang Hanoman bisa terus disaksikan di Hamzah Batik sebulan sekali yaitu setiap minggu keempat di setiap bulannya. Jadi Sobat Visiting Jogja yang penasaran bisa menyaksikan bagaimana spektakulernya pertunjukan ini. (san/dna)