Foto : phinemo.com

Yogyakarta kaya akan destinasi wisata yang dijamin tidak pernah mengecewakan. Salah satu destinasi wisata yang sedang populer saat ini adalah desa wisata. Kehidupan desa dengan segala kearifan lokalnya yang unik dikemas dengan cantik dan siap disuguhkan kepada pengunjung. Salah satu desa wisata yang layak untuk kita kunjungi ketika liburan di Yogyakarta adalah Desa Wisata Sendari. Desa wisata ini berlokasi di Jalan Cebongan Nomor 15, Sendon, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya memang tidak di pusat kota, namun dari pusat Kota Yogyakarta kita hanya menempuh jarak kurang lebih 13 km dalam waktu 15 menit. Kita bisa bergerak menuju ke arah Jalan Godean, kemudian ke Jalan Cebongan hingga menemukan petunjuk arah menuju lokasi Desa Wisata Sendari. Desa Wisata Sendari berada di kawasan perdesaan yang masih asri. Walaupun mungkin tidak begitu jauh dari pusat kota namun desa wisata ini masih bisa menjaga lingkungannya. Pemandangan desa yang tenang bisa anda nikmati sembari berjalan-jalan sore.

Desa Sendari adalah desa yang sudah dahulu dikenal sebagai desa pengrajin kerajinan bambu. Selain karena memang terdapat banyak pohon bambu namun juga karena penduduknya berprofesi sebagai pengrajin bambu secara turun-temurun. Hasil kerajinan berupa perabotan seperti meja, kursi, tempat tidur, gazebo,  hingga pernak pernik lucu seperti topi dan mainan dari bambu. Pengunjung bisa melihat hasil-hasil kerajinan yang dipamerkan di galeri yang khusus digunakan sebagai tempat pameran. Hasil kerajinan penduduk tersebut sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya, pemesan tidak hanya terbatas warga Indonesia saja bahkan hingga sudah sampai ke luar negeri seperti  Belanda, Amerika, Perancis, Jepang, dan masih lainnya. Jenis bambu yang digunakan juga beragam jenisnya, ada bambu petung, bambu tutul, bambu wulung, dan bambu apus. Bisa dikatakan kualitas kerajinan bambu Desa Wisata Sendari sudah kelas dunia. Hal yang paling penting adalah di sini kita tidak hanya bisa melihat hasil kerajinan namun sekaligus bisa belajar membuat kerajinan secara langsung bersama pengrajin.

Di sini pengunjung tak hanya dibuat takjub dengan hasil kerajinan yang luar biasa namun kita juga bisa melihat kesenian tradisional yang masih berusaha untuk terus dilestarikan oleh penduduk desa. Kesenian tradisional itu antara lain karawitan, jathilan hingga sajian Sastra Sendaren yaitu bentuk pentas yang mengambil kearifan dari kisah sesepuh desa yaitu Kiai Sendari. Sastra Sendaren dipentaskan dalam bentuk macapat atau geguritan. Desa Wisata Sendari masih menjunjung tinggi adat istiadat sehingga kita masih bisa menemukan kegiatan berupa kenduri, nyadran, dan aktivitas adat lainnya.

Desa Wisata Senduri masih terdapat rumah-rumah dengan konsep tradisional yang mungkin sudang jarang ditemui di tempat lainnya. Ketika kita kesini kita bisa menemui bangunan rumah berbentuk limas yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk megambil foto. Bentuk dan suasananya yang klasik menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang datang. Salah satu yang tak boleh ketinggalan ketika anda berwisata tentunya adalah oleh-oleh. Selain bisa membeli kerajinan bambu sebagai oleh-oleh unik anda juga bisa membeli emping melinjo yang jadi makanan khas dan sering dijadikan buah tangan.

Fasilitas di desa wisata ini sudah cukup lengkap. Terdapat kamar mandi, area parkir, warung makan, mushola, dan penginapan. Jadi tunggu apa lagi agendakan Desa Wisata Sendari sebagai salah satu tujuan wisata anda ketika ke Yogyakarta ya!