Dalam menyambut era Pranatan Anyar , sejumlah destinasi wisata melakukan berbagai terobosan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid 19). Malioboro sebagai ikon wisata Yogyakarta, dalam menyambut wisatawan yang berkunjung dengan menyediaan fasilitas tempat cuci tangan  di berbagai sudut, penandaan alur arah , tanda jaga jarak pada jalan pedestrian, hingga Regristrasi Scan Barcode sebagai penunjang protokol Pranatan Anyar Plesiran Jogja. Pengunjung juga tetap diwajibkan mengenakan masker selama di kawasan Malioboro.

Langkah dalam pelayanan kepada  pengunjung di kawasan Malioboro, Dinas Pariwisata DIY menerjunkan Bergodo Jaga Malioboro yang bertugas setiap akhir pekan (Sabtu – Minggu) mulai dari jam 16.00 sampai dengan pukul 21.00 yang terbagi di 5 Zona sepanjang Jalan Malioboro, Zona I di Depan Hotel Inna Garuda , Zona II di Depan Mall Malioboro, Zona III di Depan TIC Malioboro, Zona VI di depan Batik Terang Bulan dan yang ke V di kawasan Nol Kilometer.

Selain bertugas untuk membantu pengunjung dalam melaksanakan pranata anyar di kawasan malioboro, pengunjung juga bisa swa foto dengan Bergodo secara gratis.