Gunung Bagus adalah sebuah area hutan rakyat yang ada di desa Giring kecamatan Paliyan. Berada di ujung paling timur kota Jogja dan membutuhkan jarak tempuh kesana sekitar dua jam perjalanan. Gunung Bagus ini bukanlah sebuah destinasi wisata atau tempat wisata, akan tetapi akhir- akhir ini sangat viral di media sosial. Banyak yang membicarakan dan membahas mengenai gunung yang mirip dengan gunung yang ada di Sumba Nusa Tenggara Timur. Dahulunya tempat ini merupakah hutan jati yang sangat lebat. Akan tetapi sekitar satu tahun terakhir rimbunan hutan jati ini akan dengan varietas baru yang lebih unggul. Selama menunggu ditanamnya kembali varietas pohon jati baru, tempat ini ditanami oleh para petani dengan tanaman jagung. Sehingga sekarang ini hamparan tanah tersebut terlihat sangat segar dan hijau dengan pepohonan jagung yang terhampar.

Dimana asal mula gundukan kecil berbentuk gunung yang terlihat sangat menawan seperti halnya gunung Wairinding di Sumba. Awalnya pemandangan hijau berupa hamparan rumput dan gundukan tanah seperti gunung itu tak terlihat. Akan tetapi setelah dibukanya lahan seluas 82 hektar ini, terlihat paparan pemandangan menghijau yang elok. Melalui media sosial dan internet lah akhirya tempat ini makin terkenal dan didatangi pengunjung.

Jadi, gak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan inspirasi wisata yang menarik ya. Cukup datang saja ke Paliyan Gunung Kidul disana kita bisa bebas dan puas berfoto. Jika di Gunung Wairinding Sumba dipenuhi dengan ilalang yang menghijau, di sinii kita melihat hamparan pohon jagung yang menghijau. Karena hamparan jagung ini ditanam oleh petani dan dirawat, maka tidak boleh untuk kita sembarangan merusaknya. Ketika pengunjung penasaran dengan tempat ini, mereka boleh datang asal bisa menjaga lingkungan dengan baik.

Gunung Bagus, Melengkapi Tour Di Gunung Kidul Yogyakarta
Hamparan Gunung Bagus yang membentang hijau ini bisa membikin penasaran untuk dikunjungi. Sehingga ketika berada di Jogja tidak ada salahnya mencoba menengok ke sana. Alokasikan mengunjungi Gunung Bagus untuk bisa berfoto dengan puas di beberapa spot foto menarik di sana. Yakni dilatarbelakangi bukit-bukit kecill hijau selayaknya bukit teletubbies. Atau juga bukit Sumbanya Yogyakarta
Sumber: jogjakartour.com