Yogyakarta, 17 Februari 2021, Dinas Pariwisata DIY melaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD) di Rich Jogja Hotel.

Mensinergikan, menyamakan pandangan, menyatukan arah dan tujuan serta sasaran setiap program dan kegiatan untuk kemajuan Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota serta stakeholder Pariwisata DIY.

Rekomendasi yang dipapaparkan oleh Bapak Booby Ardiyanta selaku narasumber  meliputi capacity building yang menyangkut hospitality, pelayanan pada berbagai ragam disabilitas misalnya kemampuan guide berbahasa isyarat, penguatan sumber daya MICE berkaitan dengan ditetapkannya DIY sebagai salah satu destinasi MICE. serta menyiapkan program pelatihan sesuai dengan kebutuhan industry atau paling tidak sesuai dengan SKKNI.

Dari sisi akademisi, Ibu Ike Janita Dewi menyampaikan dalam materi paparannya tahun 2021 fokus pada akselerasi pergerakan wisatawan lokal secara sistematis, melalui eksplorasi berbagai tema yang bisa menggerakkan pariwisata lokal (Wisata Sepeda,Wisata Kuliner, Wisata sejarah/ museum/ historic trail, Wisata event budaya/ kesenian), mematangkan jalur dan mekanisme (termasuk insentif harga), menggerakkan secara sistematis dan serentak (Himbauan Gubernur/Bupati/Kepala Daerah/ Pemimpin BI/ Seniman dan Tokoh Budaya/ Influencer anak muda, dll), serta promosi.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid dengan protokol kesehatan CHSE.

Materi paparan Forum OPD 2021 Dinas Pariwisata DIY dapat didownload malali link : http://bit.ly/3s9QtrQ