Foto : travelspromo.com

Air Terjun Pengantin Gunungkidul Tawarkan Sejuta Keseruan – Mengunjungi tempat wisata alam bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melepas penat. Keindahan alam yang tersaji menghasilkan kesegaran di mata maupun tubuh setelah lelah beraktivitas. Sejumlah tempat wisata alam menawarkan pengalaman seru berlibur atau sekadar menghabiskan waktu sejenak sebelum kembali ke rutinitas.

Berbicara tentang wisata alam, Yogyakarta memiliki pilihan yang sangat banyak. Mulai dari wisata pantai, Yogyakarta terkenal dengan pantai-pantai populer seperti salah satunya Pantai Parangtritis. Beralih ke wisata alam hutan, Yogyakarta punya beberapa hutan pinus dengan panoramanya yang indah. Tidak ketinggalan beberapa puncak atau dataran tinggi yang juga memberikan kesempatan pengunjung untuk bersantai.

Selain wisata alam yang sudah disebutkan di atas, Yogyakarta masih memiliki tujuan wisata air terjun yang tak kalah menarik. Beberapa nama air terjun di Jogja sudah cukup dikenal luas, termasuk Air Terjun Pengantin di Gunungkidul. Sebagai tujuan wisata alam yang sedang hits di kalangan traveler, Air Terjun Pengantin Gunungkidul menjadi rekomendasi terbaik untuk melakukan banyak aktivitas seru.

Nama yang Sudah Tidak Asing

Nama Air Terjun Pengantin memang terdengar sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya di beberapa daerah lain di Indonesia, nama air terjun serupa juga digunakan. Jadi Air Terjun Pengantin di Gunungkidul bukan satu-satunya air terjun dengan nama tersebut. Pecinta traveling pastinya sudah sering mendengar nama air terjun serupa di beberapa kota yang berbeda.

Nama Air Terjun Pengantin juga pernah digunakan sebagai judul salah satu film Indonesia beberapa tahun yang lalu. Meskipun tidak ada hubungannya sama sekali antara Air Terjun Pengantin Gunungkidul dengan film tersebut, nama tempat wisata itu menjadi semakin mudah dikenali. Bahkan kemudian banyak orang yang penasaran apakah air terjun tersebut juga memiliki mitos seperti yang selama ini dipercaya.

Air yang Tidak Pernah Mengering

Air Terjun Pengantin di Gunungkidul ini sangat unik dan berbeda dibanding air terjun lain di Yogyakarta maupun air terjun pada umumnya. Kebanyakan air terjun akan mengalami penurunan debit air ketika musim kemarau tiba. Namun itu tidak terjadi pada Air Terjun Pengantin di Gunungkidul yang terus menerus memiliki ketersediaan air yang melimpah sepanjang tahun. Debit airnya sama sekali tidak terpengaruh oleh perubahan musim.

Debit air yang selalu melimpah pada Air Terjun Pengantin Gunungkidul merupakan dampak dari sumber mata air yang selalu mengalir. Air terjun ini terbentuk dengan aliran air yang melebar jatuh ke bawah dengan ketinggian mencapai 8 meter. Karena debit air yang selalu melimpah, wajar jika aliran air dari atas begitu deras. Maka pengunjung wajib berhati-hati ketika berdekatan dengan air terjun atau berenang di bawahnya.

Berada di Tepi Sungai Oyo

Air Terjun Pengantin ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo atau tepatnya berada di tepi aliran Sungai Oyo. Keberadaan Air Terjun Pengantin yang dekat dengan Sungai Oyo menjadikan keduanya sebagai satu paket destinasi wisata alam yang lengkap. Keduanya menawarkan aktivitas liburan seru dengan bermain di air dan merasakan sensasi menegangkan yang memacu adrenalin.

Di Air Terjun Pengantin, pengunjung yang memiliki keberanian dapat melakukan atraksi melompat dari ketinggian. Atraksi ini cukup aman dilakukan dengan panduan dari petugas di lokasi. Namun pengunjung yang ingin melakukan atraksi tersebut harus memenuhi beberapa syarat kesehatan, seperti tubuh yang prima dan tidak memiliki phobia terhadap ketinggian. Selain itu, faktor cuaca juga menjadi pertimbangan keamanan dalam melakukan atraksi itu.

Sementara di Sungai Oyo, pengunjung dapat menelusuri aliran airnya dengan ban karet atau river tubing. Aktivitas inipun juga cukup aman lantaran ada pemandu yang siap siaga membantu dan mengarahkan. Air terjun dan air sungai yang jernih bisa memberikan kesegaran yang nyata bagi para pengunjung yang sedang menikmati waktu. Jika ingin merasakan pengalaman yang lebih lengkap, kunjungi juga Goa Pindul yang masih berada di satu kawasan.

Dengan nama yang sudah cukup populer, Air Terjun Pengantin Gunungkidul menjadi destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Pengunjung dapat menguji keberanian dengan melakukan berbagai aktivitas seru di sana. Terdapat juga pilihan tujuan wisata lain di sekitarnya.