Foto : @adityabagussantoso

Gunung kukusan merupakan salah satu pucak di deretan Β perbukitan menorah. Gunung kukusan ini secara administrative masuk dalam 3 kabupaten yaitu Kulon progo, Magelang dan Purworejo. Perbukitan ini masih menjadi satu dengan area Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo. Gunung Kukusan disebut-sebut merupakan salah satu spot terbaik melihat matahari terbit di Yogyakarta. Bagi para pemburu sunriseΒ pasti sudah memasukkan Gunung kukusan ini di daftar tempat yang harus mereka kunjungi. Perlu perjuangan lebih memang untuk mendapatkan sunrise terbaik. Mulai dari berangkat subuh-subuh dengan cuaca dingin, berjalan meuju spot terbaik, hingga menunggu terbitnya matahari. Tetapi perjuangan yang dikeluarkan akan terbayar ketika kamu melihat matahari terbit yang cantik dengan semburat warna kuning dan orange yang utuh.

Gunung Kukusan memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, hanya 800 mdpl. Tetapi ketinggian tersebut sudah cukup membuatmu berkeringat dipagi hari. Pasalnya kamu perlu trekking menaiki beberapa anak tangga sampai puncaknya. Jaraknya kurang lebih 200 m dengan medan jalan setapak dan sedikit berpasir. Bagi kamu anak gunung tentu bukan menjadi masalah untuk melakukan perjalanan ini. Tetapi bagi kamu yang merasa fisiknya tidak terlalu kuat, kamu perlu mengajak partner yang bisa mengerti kamu. Perjalanan normal bisa ditempuh selama 10-20 menit. Sepanjang perjalanan kamu agan disuguhi indahnya pemandangan kebun teh di pagi hari.

Gunung ini memiliki 2 puncak, yaitu puncak kendeng dan puncak dempok. Keduanya memiliki ketinggian yang berbeda. Puncak kendeng memiliki ketinggian yang lebih diabnding puncak dempok. Menurut mitos, nama puncak kendeng diambil dari nama bayi yang dikubur dipuncaknya yaitu pangeran kendeng. Pangeran kendeng dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan pangeran diponegoro. Batu yang mirip dengan batu nisan di puncak kendeng dipercaya sebagai penanda makan dari pangeran kendeng. Puncak dempok yang berada lebih rendah lebih banyak dipilih karena terdapat kursi dari bamboo yang bisa digunakan untuk istirahat sambil menikmati pemandangan yang tersaji. Gunung kukusan sendiri memiliki 2 jalur untuk menuju 2 puncak tersebut. Jalur ke kiri menuju ke puncak dempok, sedangkan jalur kea rah kanan menuju ke puncak tertinggi Gunung Kukusan yaitu puncak kendeng. Di puncak Gunung Kukusan ini apabila kalian beruntung dan cuaca cerah bisa melihat sunrise berlatarkan 4 gunung yang sangat terkenal. Gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, atau para pendaki akrab menyebutnya 2S2M.

Untuk menikmati keindahan sunrise berlatarkan 4 gunung ini kamu perlu menyiapkan uang sebesar RP3.000 per orang untuk tiket masuk Desa Wisata Nglinggo, dan Rp2.000 per orang untuk tiket naik Gunung Kukusan. Harga yang sangat murah untuk mendapatkan pengalaman dan keindahan yang tidak terbayar. Menuju lokasi ini sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi ke arah Kebun Teh Nglinggo. Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta menggunakan moda transportasi bis, kamu bisa naik bis jurusan Terminal Wates dan turun disana kemudian mencari ojek menuju arah Kebun Teh Nglinggo. Bagi kamu yang naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Wates kemudian mencari ojek untuk menuju arah Kebun Teh Nglinggo. Itu tadi beberapa informasi terkait wisata di Gunung Kukusan. Pastinya sangat menarik dan menambah pengetahuan kamu untuk merancang liburan sederhana tetapi berkesan.