Foto : @anton_ariyadi

Ayunan Langit Watudjaran: Wisata Instagenic Jogya yang Ekstrim – Anda pemburu tempat-tempat wisata yang instagenic, maka masukkan ke dalam list untuk mengunjungi Kulonprogo yang ada di daerah Yogyakarta. Feed instagram Anda dijamin memukau dengan bergaya di Ayunan Langit dengan latar pemandangan asli khas Kulonprogo. Namun, pastikan untuk berhati-hati, karena Anda akan berayun dari ketinggian 800 mdpl.

Akses Menuju Wisata Ayunan Langit, Yogyakarta

Sampai saat ini akibat masa pandemi, sajian alam dari Yogyakarta memang masih dapat dinikmati. Apalagi Anda ingin menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang terbentang luas. Namun, harus bersabar karena untuk dapat menaiki Ayunan Langit ini masih ditutup akibat covid-19. Sebab, di hari normal saja Anda harus mengantre lama untuk dapat menaiki, berfoto, dan merasakan berayun di ketinggian.

Pihak pengelola memang selalu berupaya untuk menghadirkan kawasan wisata Yogyakarta yang nyaman, lengkap dengan akses yang memudahkan. Sekalipun Anda ingin berwisata alam, khususnya ke Kulonprogo. Ayunan Langit di Jogja ini sukses menjadi yang paling disoroti, karena masih tergolong baru, dan sukses menjadi wisata untuk berfoto ria dengan hasil yang pastinya instagramable.

Di awal kehadirannya, pengunjung memang hanya dapat naik ke lokasi wisata Jogja ini menggunakan jasa ojek yang berjajar siap mengantar. Namun, seiring dengan perkembangannya akses jalan ke Ayunan Langit sudah semakin baik dan mulus. Tidak hanya motor atau mobil pribadi yang bisa naik, tapi mobil minibus juga bisa mencapai tanjakan menuju Ayunan Langit Watudjaran di Kulonprogo, Yogyakarta ini.

Sehingga tidak perlu lagi menyewa jasa ojek apabila Anda naik mobil bersama rombongan keluarga atau teman untuk menjajal ekstrimnya berayun di ketinggian dan melihat alam Kulonprogo yang menawan. Parkiran di atas juga sangat nyaman dan terbilang aman, serta luas sehingga kendaraan yang Anda miliki dapat masuk dan keluar tanpa perlu takut bersenggolan, tapi tetap harus berhati-hati jalanan cukup terjal untuk ke Ayunan Langit.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Ayunan Langit, Yogyakarta

Wisata Ayunan Langit Watudjaran memang tergolong banyak memakan biaya, tapi saat menikmatinya Anda tidak akan merasa dirugikan dengan kocek yang dikeluarkan. Saat pertama memasuki kawasan wisata yang berada di Dusun Sabrangkidul ini akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah per orang. Kendaraan yang Anda bawa ingin diparkirkan, maka perlu mengeluarkan uang lagi sebesar 2 ribu rupiah untuk motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Begitu juga saat Anda ingin menjajal si ayunan yang tergantung di ketinggian 800 mdpl ini, butuh uang sebesar 20 ribu rupiah per orang dengan durasi 5 hingga 10 menit. Sesi berayun dan berfoto ria bisa dilakukan dengan menghadap depan dan juga belakang sambil menikmati bentang alam yang segar dengan warna hijau dari berbagai tumbuhan yang ada di bawah. Rasakan setiap hembusan angina yang menyentuh kulit Anda saat berayun di ketinggian.

Fasilitas Wisata Ayunan Langit, Yogyakarta

Menaiki Ayunan Langit Watudjaran memang dibutuhkan nyali yang besar, karena sangat tinggi dan bikin kaki gemetar apabila memiliki phobia ketinggian. Jangan terlalu khawatir, karena perlengkapan yang dipergunakan untuk melindungi pengunjung sudah disesuaikan dengan standar keselamatan saat menaiki Ayunan Langit yang viral di Jogja ini. Selain itu, ada ketentuan yang juga harus dipatuhi mengenai berat badan pengunjung untuk berayun.

Ayunan Langit di Yogyakarta ini menetapkan bahwa bobot maksimum yang dapat menaiki ayunan yang super tinggi ini ialah 500 kilogram. Nampaknya berdua pun tetap aman, selagi totalnya tidak melebihi ketetapan maksimum untuk merasakan sensasi berayun di ketinggian dan menikmati pemandangannya yang memanjakan mata. Kesempatan berfoto di Ayunan Langit di Jogja ialah saat Anda menghadap depan dan juga belakang.

Tenang saja Anda akan merasa aman selama berada di ayunan yang instagenic Watudjaran ini, karena tim SAR siaga untuk memberikan pengamanan selama pengunjung akan berayun dan berfoto ria. Anda harus mematuhi setiap arahan selama akan menaiki Ayunan Langit Watudjaran agar tidak terjadi kecelakan atau bahkan hal yang dapat merenggut nyawa. Tersedia spot foto lainnya di kawasan wisata intagenic di Kulonprogo, Yogyakarta ini.