Foto : @aboutcirebonfood

Waroeng Spesial Sambal atau yang lebih sering dikenal dengan Warung SS ini merupakan nama dari sebuah merek yang mana menyajikan berbagai olahan sambal segar khas Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, Warung SS ini didirikan pada tahun 2002, tepatnya di Yogyakarta. Pendiri dari warung ini bernama Yoyok Hery Wahyono. Ternyata, passion dari Pak Yoyok ini adalah ‘ngulek’ sambal, sehingga hal inilah yang membuatnya terus bersemangat dalam mengembangkan bisnis kulinernya tersebut.

Terciptanya Warung SS ini adalah karena ketidaksengajaan karena himpitan ekonomi yang sedang dialami oleh Mister Huuh-Haah (sebutan untuk Pak Yoyok)  ini saat itu. Dengan dibantu rekannya, Pak Yoyok pun akhirnya mendirikan warung tenda di pinggiran dari jalan Kaliurang yang saat ini lebih dikenal sebagai sentra kuliner mahasiswa.

Nah, Warung Spesial Sambal ini pun mulai menunjukkan eksistensinya dengan 15 varian samba yang dihadirkan bersama aneka lauk dan sayur yang dibuat dengan konsep made by order.

Perjalanan Warung SS

Pada 20 Agustus tahun 2002, Waroeng Spesial Sambal ini membuka cabang pertamanya yang diberi nama dengan Waroeng SS Perjuangan. Nama ini diambil dari sebuah filosofi atas perjuangan yang dialami langsung oleh Warung SS untuk bisa bertahan dan berkembang sejak awal pertama kali didirikan.

Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap kuliner pedas pun akhirnya melahirkan beberapa anak cabang baru di beberapa titik dari kota pelajar tersebut. Dengan semakin banyaknya anak cabang dari Warung SS yang ada di Yogyakarta ini pun membuatnya terdengar hingga Solo.

Pada akhirnya, di tahun 2006, Pak Yoyok pun akhirnya mendirikan anak cabang pertamanya di Manahan, Solo. Tidak lama setelah itu, Warung Spesial Sambal ini pun mulai banyak menyapa beberapa kota lain, seperti Tangerang, Semarang, Purwokerto, dan beberapa daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Meskipun Waroeng Spesial Sambal ini bukanlah perusahaan yang bergerak dan berangkat dari nilai keagamaan yang tinggi, namun Waroeng Spesial Sambal tetap mengusung konsep spiritual company dalam pengembangan bisnisnya.

Untuk fasilitas yang disediakan di setiap anak cabangnya juga tergolong cukup lengkap. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah area parkir yang cukup, ruang merokok, mushola untuk tempat beribadah bagi yang beragama Islam, nursery room bagi Anda yang datang membawa buah hatinya, dan tentunya toilet.

Warung Spesial Sambal ini juga mengusung motto ‘pedas, panas, dan mantap’. Hal ini dibuktikan dengan level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen, makanan yang selalu disajikan dalam kondisi panas dan fresh, serta cita rasanya yang sangat mantap.

Sesuai dengan namanya, warung ini berfokus pada penyajian menu sambal yang beraneka ragam. Ada banyak sekali jenis sambal yang bisa dipesan dengan cita rasa yang berbeda-beda. Berikut ini adalah sebagian menu sambal yang bisa Anda coba di Waroeng Spesial Sambal ini.

Sambal Bajak

Sambal bajak merupakan sambal khas dari daerah Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sambal bajak terbuat dari cabai rawit merah, cabai rawit keriting, gula jawa, terasi, asam, garam dan daun jeruk.

Tambahan bahan asam dalam sambal bajak ini tentunya mampu menambah kesegaran dan menimbulkan cita rasa asam yang enak. Ciri khas dari sambal bajak milik Warung Spesial Sambal ini adalah cita rasanya yang asam dan tidak terlalu pedas.

Sambal Gobal Gabul

Sambal gobal gabul merupakan salah satu sambal dengan konsep 5 in 1 yang mana ada 5 varian sambal dalam 1 tempat saja, yakni sambal terasi matang, sambal rempelo ati, sambal bajak, sambal teri, dan sambal gudangan.

Untuk Anda yang ingin mencoba banyak jenis sambal sekaligus dengan porsi yang cukup, maka Anda bisa memesan sambal gobal gabul ini. Harganya juga jauh lebih murah daripada Anda harus memesan satu per satu sambal yang sudah disebutkan dalam 1 wadah tersebut.

Inilah sejarah panjang dari Warung Spesial Sambal yang perlu Anda ketahui. Jadi, Anda tidak hanya akan menikmati cita rasa yang dihadirkan dari warung ini saja, melainkan juga mengetahui perjalanannya hingga bisa sesukses saat ini.