Pedukuhan Klayar memiliki potensi wisata terbanyak diantara pedukuhan lain yang berada di kelurahan Kedungpoh, Kec. Nglipar Kab.Gunung Kidul. Agenda rutin tahunan di desa tersebut antara lain gelar budaya setelah musim panen kedua selama 3 hari (sarasehan, kirab, dan pagelaran wayang kulit). Kegiatan budaya lain seperti nyadran atau bersih desa yang dilaksanakan setahun sekali, dimana sudah berdiri dua pokdarwis wisata klayar dan pokdarwis agrowisata klayar yang mengurusi pengembangan pariwisata di tempat tersebut.
Dinas Pariwisata DIY dengan dukungan anggaran dari APBD DIY TA. 2021 melaksanakan kegiatan penyusunan masterplan desa wisata klayar melalui CV Indonesia Muda dengan tujuan:

  1. Untuk mengembangkan ekowisata yang ada di wilayah tersebut
  2. Menciptakan desa wisata yang berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan dan kreativitas melalui perencanaan sektor pariwisata desa, meningkatkan kualitas permukiman dan prasarana, ulititas umum desa yang mendukung pengembangan pariwisata, serta mengembangkan dan menggerakkan kemitraan dalam masyarakat, pemerintah, serta pihak swasta dalam implementasi perencanaan desa wisata
  3. Menyediakan dokumen kajian studi masterplan sebagai sumber rujukan pengembangan kepariwisataan.

FGD (Forum group discussion) Laporan Antara berlangsung Senin (14 Juni 2021)  bertempat di Bilik Kayu Jl.Timoho Yogyakarta, untuk melaporkan progress pekerjaan yang sudah dilaksanakan sampai saat ini sekaligus menampung aspirasi dan masukan dari para pemangku kepentingan baik provinsi maupun kab. serta kelurahan setempat yang nantinya akan dituangkan dalam laporan akhir dalam penyusunan masterplan ini.