Eksistensi cagar budaya tidak cukup hanya diukur dari keberadaan fisiknya saja, namun juga dari nilai manfaatnya bagi masyarakat luas. Cagar budaya memiliki nilai nilai penting (sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan atau kebudayaan) yang berpotensi bisa digali guna dikembangkan dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, antara lain agama, sosial, pendidikan, kebudayaan dan ekonomi. Termasuk untuk menggerakan ekonomi kreatif.

Kreativitas masyarakat mendayagunakan cagar budaya dapat membuka peluang usaha menciptakan beragam produk barang kerajinan maupun jasa bernilai ekonomis. Tujuannya yaitu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat sehingga bisa tercapai taraf kehidupan yang sejahtera. Hal ini selaras dengan UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang mengamanatkan bahwa pendayagunaan cagar budaya untuk kepentingan sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat dengan mempertahankan kelestariannya.

Mari temukan inspirasi dari cagar budaya untuk menggeliatkan kembali ekonomi kreatif di diskusi daring bertema “Pengembangan Cagar Budaya untuk Ekonomi Kreatif” pada Selasa 23 November 2021 pukul 09.00-11.00 WIB melalui Zoom Meeting.

@bpcb_diy