Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi SPA, yakni kegiatan peningkatan kapasitas SDM Pariwisata untuk bidang terapis SPA lingkup Provinsi DIY yang diikuti oleh 30 orang (peserta), perwakilan dari semua Kabupaten/Kota. Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari di hotel Grand Tjokro, Yogyakarta dengan rincian 3 hari pelatihan berupa pemberian kuliah/teori dan praktek, serta uji kompetensi selama 2 hari.
Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Bidang Terapis SPA dilaksanakan LSP Parsi dan Lembaga Kursus & Pelatihan Putri Kedaton yang sudah berpengalaman dalam bidang terapi SPA.

Dalam sambutan Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi SPA, Ibu Dra Titik Sulistyani selaku Kepala Bidang Pengemangan Kapasitas mewakili Kepala Dinas Pariwisata DIY memberikan apresiasi kepada peserta yang semuanya perempuan yang telah hadir dari 5 kabupaten/kota di DIY. Terutama terapis SPA dari desa wisata yang telah turut meningkatkan wisata DIY.

Ibu Titik menyampaikan pentingnya kapasitas internal Terapis SPA, selain skill/ketrampilan terapis SPA. Kapasitas internal seperti integritas, pelayanan prima dan memuaskan pelanggan adalah kunci sukses dalam dunia .

Terakhir Ibu Titik mengharapkan agar peserta Pelatihan dan Sertifikasi Terapis SPA tidak berhenti sampai di pelatihan saja, tetapi terus mengembangkan diri. Semoga semua peserta dapat lulus uji kompetensi, termasuk dapat membuka usaha SPA di lokasi masing-masing, atau desa wisata sehingga turut mengembangkan wisata di wilayahnya.