Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Sertifikasi Pemandu Umum, yakni kegiatan uji kompetensi SDM Pariwisata lingkup Provinsi DIY yang diikuti oleh 50 orang (peserta), perwakilan dari semua Kabupaten/Kota. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 April 2022 di hotel Jambuluwuk, Yogyakarta.

Kegiatan Sertifikasi Pemandu Umum dilaksanakan oleh LSP Parsi dan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) DIY.

Dalam sambutan Pembukaan Sertifikasi Pemandu Umum, Kepala Dinas Pariwisata DIY , Bapak Singgih Raharjo, SH, M.Ed memberikan apresiasi kepada peserta yang hadir mengikuti uji kompetensi selama bulan puasa.

Di mata wisatawan mancanegara, pemandu wisata adalah sosok yang menjadi representasi atas suatu negara. Hal tupun disadari oleh pemandu wisata di Yogyakarta, yang merupakan ujung tombak dalam merepresentasikan keramah-tamahan Yogyakarta dan Indonesia. Apalagi di Yogyakarta beberapa kali isu atau berita negatif melanda kota wisata dan budaya ini.

Wisata Yogyakarta bukan hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata saja, tapi semua masyarakat terutama pelaku pariwisata. Apalagi tahun ini ada berapa agenda wisata baik lokal, regional maupun internasional di kota Yogyakarta.

Semoga pemandu wisata yang mengikuti uji kompetensi hari ini lulus sehingga siap menyambut dan mendampingi wisatawan di Yogyakarta.