Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Keistimewaan untuk Pelaku Pariwisata, yakni kegiatan pelatihan SDM Pariwisata khusus pemandu wisata / pramuwisata yang diikuti oleh 75 orang (peserta). Kegiatan yang dibagi dalam 2 angkatan ini dilaksanakan di hotel Royal Darmo, Gedong Tengen, Yogyakarta selama 3 hari, dengan 1 hari pelatihan di Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman.
Dalam sambutan Pembukaan Pelatihan Pemandu Keistimewaan tersebut, Ibu Titik Sulistyani selaku Kapala Bidang Pengembangan Kapasitas mewakili Bapak Kepala Dinas Pariwisata DIY β€˜menyatakan bahwa pelatihan ini sesuai dengan amanah Perda DIY Nomor 4 tahun 2020 tentang Kepramuwisataan. Dalam Perda Pasal 4 bahwa salah satu Tugas Pokok Pramuwisata di DIY adalah memberikan informasi tentang keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Oleh karena itu, Pemerintah Daerah DIY bersama Pawiyatan Pamong Yogyakarta memberikan pelatihan Keistimewaan kepada pramuwisata yang juga bergabung pada HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Provinsi DIY.


Pramuwisata di DIY dibekali ilmu serta pengetahuan tentang sejarah, kebudayaan, tradisi dan kearifan lokal Yogyakarta.
Pemateri berasal dari Pawiyatan Pamong Yogyakarta, yakni lembaga yang dibentuk oleh Kraton Yogyakarta untuk melestarikan nilai budaya Yogyakarta. Peserta juga memperoleh pelajaran sejarah kota Yogyakarta sejak jaman Mataram Islam hingga peran kota Yogyakarta sebagai kota perjuangan melawan Penjajah. Harapannya adalah dapat meningkatkan citra Yogyakarta sebagai kota budaya dan sejarah, selain destinasi wisata.