Foto : IG @afifah_elmursyid

Soto Bathok Mbah Karto Kuliner Legendaris di Jogja

Berbicara soal kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya, apalagi di setiap daerahnya selalu menyuguhkan masakan berbeda. Contohnya saja kuliner asal Solo namun buka di Jogya yakni Soto Bathok Mbah Karto Jogja.

Keunikan Soto Bathok Mbah Karto

Soto dengan ciri khas rasa yang lezat dan segar ini didirikan oleh Mbah Karto. Warung makan di Sleman ini pun sudah dikenal oleh banyak orang, jadi maklum saja jika tiap harinya selalu banyak pembeli berdatangan.

Pengunjung yang baru datang di Soto Bathok Mbah Karto Jogja, akan diperkenankan untuk memesan menu di bagian depan warung. Sesuai dengan namanya, menu yang ditawarkannya pun hanya soto saja serta beberapa menu tambahan lainnya.

Setelah memesan makanan dan mengambil nomor antri, pengunjung dipersilahkan memilih tempat duduk yang telah disediakan. Tempat duduknya pun terbilang unik, karena berbentuk gubuk yang dibelakangnya dikelilingi taman bermain dan kolam ikan.

Dengan penataan tempat duduk yang seperti itu, warung makan Soto Bathok Mbah Karto terkesan sederhana tapi asri.

Keunikan lainnya terletak dipenyajian soto itu sendiri, ya seperti namanya soto disini disajikan menggunakan bathok kelapa. Meskipun menggunakan bathok, soto yang disajikan tetap aman dan tidak tumpah.

Di bawah bathok tersebut akan diberikan penyangga kayu dan juga bawahan piring yang terbuat dari tanah liat. Penyajian unik dari warung Soto Bathok Mbah Karto akan menambah citra rasa kuliner tersebut.

Sedangkan untuk mangkuk lauknya, di warung milik mbah Karto ini menggunakan piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Warung ini selalu terlihat totalitas dalam setiap menyajikan masakannya loh.

Bisa dilihat dari cara penyajiannya, tempatnya yang bersih dan rapih. Sehingga membuat siapa saja merasa nyaman dengan lingkungan yang selalu bersih. Mungkin ini menjadi salah satu alasan mengapa warung Soto Bathok Mbah Karto ini selalu ramai pengunjung.

Meskipun soto disini masih menyajikan menu oriental bukan hasil modifikasi, namun disitulah letak kelezatan makanan ini.

Penyajian nasi dengan soto yang berisi potongan kecil daging sapi, tauge, taburan seledri dan bawang merah. Toping yang sederhana, namun membuat Soto Bathok Mbah Karto ini terasa semakin nikmat.

Kuah soto yang disajikannya pun bening dan cukup hanyak, kuahnya terasa segar berbeda dengan kuah kental soto lainnya. Namun semua itu dikembalikan lagi pada cita rasa dan selera masing-masing.

Itu saja ulasan singkat mengenai warung makan Soto Bathok Mbah Karto yang populer di Jogja.