Foto : Ig @bangalwaeyo

Keindahan Gumuk Barchan di Yogyakarta

Gumuk Barchan merupakan objek wisata menarik yang ada di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Bagi yang belum tahu, barchans merupakan sejenis gumuk yang langka. Di dunia saja hanya ada tiga gumuk dengan model seperti ini, salah satunya ada di Indonesia.

Cara terbentuk gumuk ini cukup unik, yakni terbentuk dari siklus alami yang terus berulang. Sebelum menjadi gumuk, material pasir lembut dari Gunung Merapi turun karena terbawa arus lewat beberapai sungai.

Selain ke sungai, kebanyakan pasir ini juga bermuara menuju laut, yang kemudian bertumpuk di sekitar pantai. Meski jumlanya banyak, namun pasir ini tak bisa masuk ke laut karena ombak yang terus menerus datang. Akhirnya pasir akan terbentuk menjadi gumuk seperti sekarang ini.

Keindahan Gumuk Barchan

Pemandangan Padang Pasir Alami

Anda yang ingin merasakan sensasi padang pasir mini, bisa berkunjung ke Gumuk Barchan. Disana Anda akan melihat gumuk pasir yang terbentak luas, hanya ada sedikit tanaman yang tumbuh karena pengelolaan masyarakat setempat.

Objek Wisata Taman Gumuk

Karena sudah menjadi tempat wisata, Anda bisa datang ke objek Taman Gumuk Pasir atau TGP sebagai wisatawan. Disana Anda bisa melakukan berbagai aktifitas menarik, mulai dari berfoto, menikmati pemandangan, hingga mencoba berbagai fasilitas yang tersedia.

Sandboard

Pihak pengelola di sekitaran gumuk sudah membuat berbagai fasilitas wisata yang sayang kalau Anda lewatkan. Salah satunya adalah spot sandboard, yakni aktifitas berselancar di pasir. Jangan khawatir, peralatannya sudah disiapkan denga baik, Anda hanya perlu menyewanya.

Padang Ilalang

Menikmati pemandangan Gumuk Barchan tak hanya bisa dilakukan dengan berjalan-jalan di sekelilingnya saja, tapi juga bisa memandngnya dari atas. Tersedia Padang Ilalang, spot wisata berupa menara pandang tinggi. Anda juga bisa mengambil foto di atas menara tersebut.

Tips Berkunjung ke Gumuk Barchan

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, ada beberapa tips yang baiknya Anda ketahui, diantaranya adalah:

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Suasana di sekitaran gumuk cukup terik, ini karena suasana alami di wilayah pantai. Jika tak ingin terlalu kepanasan, Anda bisa datang pada pagi hari atau sore hari. Dengan begitu, suasana sudah agak teduh.

Bawa Uang Kecil

Masuk ke tempat wisata Gumuk Barchan tak perlu membayar, sebab sudah termasuk dalam biaya retribusi Pantai Parangtritis. Namun ada baiknya Anda menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir atau biaya lainnya. Tapi jika ingin menikmati berbagai fasilitas yang ada, baiknya bawa uang lebih.

Itulah informasi ringkas mengenai tempat wisata menarik di Yogyakarta, Gumuk Barchan. Anda yang tertarik untuk berkunjung, bisa mulai mempersiapkan diri mulai sekarang. Jangan lupa untuk mentaati berbagai aturan dan menjaga fasilitas dengan baik untuk menghindari adanya masalah.