Foto : Ig @eusthasias

Teras Malioboro, Spot Foto Cantik dan Pusat Pembelanjaan Menarik

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menawarkan berbagai wisata menarik. Salah satunya adalah kawasan Marioboro sebagai pusat perbelanjaan paling ikonik. Setelah direnovasi oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta, Malioboro akan tampil dengan wajah baru yang lebih tertata dan bersih.

Berbelanja di Yogyakarta tentu saja akan mengingatkan Anda pada Malioboro, distrik jalanan legendaris pusat perbelanjaan dan pariwisata Yogyakarta. Namun, pada bulan Februari 2022, keberadaannya digantikan oleh Wisata Teras Malioboro sebagai destinasi belanja terbaru di Yogyakarta.

Wisata Teras Malioboro diresmikan pada tanggal 26 Januari 2022 oleh Sri Sultan HB X, Gubernur Yogyakarta, bersama dengan Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta. Tempat ini ditempati oleh kios-kios yang menjual suvenir.

Wisata Teras Malioboro memiliki dua area. Teras Malioboro 1 terletak di bekas bioskop Indra. Teras Marioboro 2 terletak di Jalan Mataram, tidak jauh dari Hotel Grand Inna Malioboro. Wisatawan masih bisa berjalan kaki dari Marioboro ke kedua teras ini.

Memang benar Jalan Malioboro semakin sepi karena tidak ada kurang lebih 4.444 pedagang kaki lima. Beberapa turis menganggap ini aneh. Namun, menurut pemerintah daerah hal ini mungkin hanya bersifat sementara. Seiring waktu, semua orang nantinya akan terbiasa.

Langkah ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi Jalan Malioboro sebagai jalanan untuk pejalan kaki. Selain itu, pemukiman pedagang harus membuat kawasan lebih aman dan nyaman bagi wisatawan.

Apa Aja Yang Bisa Anda Lakukan di Wisata Teras Malioboro

  1. Belanja oleh-oleh

Tentu yang wajib Anda lakukan di Wisata Teras Malioboro adalah berbelanja. Apa lagi yang kamu lakukan di Malioboro selain berbelanja? Setiap orang yang datang ke sini pasti memiliki tujuan utama membeli oleh-oleh. Tidak apa-apa datang ke sini tanpa membeli oleh-oleh.

Ada banyak oleh-oleh yang bisa dibeli di sini. Mulai dari kerajinan tangan, ikat celup, baju, gantungan kunci, kartu pos hingga jajanan khas yogyakarta seperti bakpia. Tentu saja, jangan lupa untuk menggunakan keterampilan menawar Anda untuk mendapatkan harga yang murah ya.

  1. Foto

Wisata Teras Malioboro yang baru lebih nyaman karena menggunakan bangunan yang berbeda. Desainnya juga lebih estetis dengan gaya industrial kontemporer. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berfoto-foto saat berkunjung ke sini. Tentunya jangan lupa juga untuk berfoto di Jalan Malioboro.

  1. Berjalan-jalan

Setelah berbelanja, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar Malioboro. Anda bisa menikmati keindahan kawasan legendaris ini. Selain berfoto, Anda juga bisa keluar masuk toko untuk berbelanja. Asyik juga untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana Yogyakarta.

  1. Wisata Kuliner

Bagi pecinta kuliner, jangan lewatkan area Wisata Teras Malioboro, khususnya Wisata Teras Malioboro 2. Di sini Anda bisa menemukan berbagai penjual kuliner yang ada di sepanjang Jalan Malioboro. Kebanyakan penjual makanan baru buka dari sore hingga malam hari, tergantung masa perdagangan di Jalan Malioboro.