Foto : Ig @winduwidodo

Pantai Somandeng Destinasi Wisata Menawan Di Gunungkidul

Destinasi wisata pantai Somandeng di Tepus Gunungkidul Yogyakarta ini menawarkan pemandangan pantai khas yang menenangkan. Dengan hembusan angin semilir dan landscape yang indah disaat pagi atau senja hari membuatnya selalu ramai pengunjung, terutama di hari libur.

Lokasinya juga mudah dijangkau dari kota Jogjakarta karena dapat diakses dengan berbagai kendaraan, baik roda dua maupun empat. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan Google Map kalau merasa bingung dengan rutenya, selain banyaknya papan penunjuk jalan.

Β Daya Tarik Dan Fakta Menarik Pantai Somandeng

Sebagai tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jogjakarta yang merupakan kota pelajar, tak heran kalau pantai indah ini senantiasa penuh pengunjung. Menawarkan beragam spot foto khas pantai Somandeng yang instagramable sehingga digandrungi oleh kawula muda. Beberapa fakta dan daya tariknya adalah:

  1. Bersebelahan Dengan Pantai Indrayanti

Pantai ini lokasi tepatnya bersandingan dengan pantai Indrayanti dengan dibatasi bukit kecil yang indah. Karena jaraknya yang tidak terlalu dekat tersebut sehingga orang sering terkecoh dengan mengira bahwa pantai ini merupakan bagian dari pantai Indrayanti.

  1. Menyediakan Banyak Gazebo

Kemudian buat Anda yang senang menghabiskan waktu di pantai dalam waktu lama bisa menggunakan gazebo. Karena pantai Somandeng ini mempunyai arena yang panjang dengan banyak gazebo yang berjajar di sepanjang bibir pantai.

Meskipun seringkali ombaknya yang besar sampai ke area gazebo, namun Anda tidak perlu khawatir. Karena masih dapat digunakan untuk bermain air bersama keluarga dan teman-teman dengan leluasa.

  1. Tebing Dan Pasir Putih

Kemudian saat bersantai di Pantai Somandeng ini, Anda akan menemukan tebing yang ada pada sisi barat dan timur. Tebing yang besar ini merupakan pembatas antara Pantai Somandeng dengan Pantai lainnya. Dengan hamparan pasir pantai putih bersih dan lembut di sepanjang pantai.

  1. Pipa Air

Selain beragam pemandangan alami tersebut Anda juga akan menemukan pemandangan unik lainnya yang tidak ada di pantai lain. Yakni pipa ait besar berwarna biru yang memiliki fungsi untuk mengambil air. Menciptakan daya tarik unik yang membuat wisatawan senang mengambil gambar disini.

  1. Batu Karang Dan Rumput Laut

Destinasi wisata Pantai Somandeng di Tepus Gunungkidul Yogyakarta ini juga memiliki banyak batu karang yang juga menjadi tempat tumbuhnya rumput laut. Meskipun tidak banyak namun memberikan manfaat kepada penduduk sekitar.

Karena pada karang tersebut tidak hanya tumbuh rumput laut saja namun juga beragam binatang laut yang berguna. Seperti diantaranya kepiting, bulu babi dan lain lain yang menjadi sumber pendapatan bagi warga sekitar. Batu karang disini agak runcing sehingga harus hati-hati saat menginjaknya agar tidak terluka.

Ketika ingin berkunjung kesana, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Seperti musala, tempat makan, toilet toko cendera mata, dan tempat parkir. Semoga informasi mengenai pantai Somandeng ini membuat kamu mengunjunginya saat datang ke Jogja.