sumber: tebingbreksi.com

Bangunan Joglo utama yang menjadi perwajahan terdepan dari Balkondes Sambirejo ini diberi nama Joglo Ayodya. Penamaan ini diambil dari kisah Wiracarita dan Pewayangan Ramayana. Ayodya adalah nama istana dan ibukota Kerajaan Kosala di utara Sungai Gangga, India. Kerajaan ini dalam kisah Ramayana dipimpin oleh raja bernama Dasarata, ayah dari Rama dan Laksmana.

Keindahan Ayodya tergambarkan dengan apik dalam Kakawin Ramayana yang berbunyi “Hana rājya tulya kèndran, kakwèhan sang mahārddhika suçila, ringayodhyā subbhagêng rāt, yeka kadhatwannirang nṛpati, Sakwèhning mūlya kabèh, kanaka rajata lèn maṇik hanangkāna, yāngkēn untunya maputih, gumuyu-guyung swarga sor dénya” yang artinya Ada sebuah istana bagaikan surga, dipenuhi oleh orang-orang bijak serta luhur perbuatan, di Ayodhya-lah yang cukup terkenal di dunia, itulah istana Sri Baginda Prabu Dasarata, Berbagai batu-batuan mulia, emas perak beserta permata terdapat di sana, itu laksana gigi keraton Ayodhya yang putih, seolah-olah tersenyum, surga dapat dikalahkannya.

Penamaan Joglo ini dengan nama Ayodya merupakan penggambaran suasana indah yang didapatkan saat berada di bangunan ini. Memandang hamparan pepohonan di lembah serta menikmati semilir angin yang sejuk ini seolah-olah tengah berada di Istana Ayodya.