Bagi orang jawa tak asing jika mendengar kata ‘angkringan’ tempat makan yang sederhana dengan gerobak serta lampu nya yang remang. Selain itu makanan-makanan yang disajikan biasanya hanya nasi kucing, gorengan, dan beberapa sate-sate an kemudian minuman teh hangat, jeruk, dan kopi menjadi menu wajib yang ada di angkringan. Berbicara tentang angkringan, kami memiliki rekomendasi tempat makan angkringan namun dengan suasana dan menu yang berbeda. Nama angkringan ini adalah Angkringan Puncak Bibis, ya sesuai dengan namanya angkringan ini berada di Puncak Bibis yang berlokasi di Jl. Bibis, Pringgading, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi angkringan ini cukup jauh dari pusat kota yang berjarak 14 Km dari Tugu Yogyakarta atau dapat ditempuh dengan waktu 32 menit. Angkringan ini cocok banget buat kalian yang hobbi gowes atau bersepeda di pagi hari, selain karena menunya yang cocok untuk sarapan, pemandangan dari tempat ini serta rute yang dilalui untuk menempuh angkringan ini sangat cocok untuk goweser atau gowesist. Setelah melalui jalur yang lumayan naik, para pesepeda dapat beristirahat dan sarapan dengan view yang memuaskan. Untuk pemandangan dari puncak bibis ini dapat juga dinikmati pada sore menjelang malam, bahkan untuk melihat city light pun bisa dari angkringan ini, karena angkringan ini buka dari jam 06.00 WIB hingga 21.00 WIB dan buka dari hari Selasa hingga Minggu, Senin angkringan ini libur.

Perbedaan Angkringan biasa dengan Angkringan Puncak Bibis

Meskipun angkringan ini bernamakan ‘Angkringan Puncak Bibis’ namun konsep dari warung makan ini tidak sama dengan angkringan pada umumnya, yang dimana angkringan biasanya menggunakan gerobak dan nasinya sudah dibungkus kecil-kecil, namun disini berbeda tidak ada gerobak atau pun nasi yang sudah dibungkus kecil-kecil, melainkan menggunakan konsep prasmanan dimana untuk lauk pauknya kita mengambil sendiri sesuai keinginan dan porsi kita sendiri.

Sayuran dan lauk diletakan didalam wadah-wadah tersendiri, Wadah-wadah tertata rapi di meja, antara lain sayur kikil, jamur, kering tempe, sate telur, jengkol, mangut lele. Dua lauk yang disebut terakhir, merupakan menu kesukaan pengunjung. Terdapat juga menu kudapan lainya, seperti gorengan tahu dan pisang aroma, pastel, nogosari, kacang rebus, pisang rebus, dan lain-lain.

Sedangkan untuk minuman, ada aneka minuman tradisional seperti wedang bernama Seruni (sere, jahe dan jeruk nipis), wedang jahe, wedang asem. Ada juga teh, jeruk dan kopi.

Tunggu apalagi? Yuk langsung datang dan tentukan pilihan menu kalian sendiri! Jangan lupa sambil menikmati pemandangan yang asri dan sejuk disini ya!