Berburu indahnya matahari terbit menjadi hiburan tersendiri bagi para pemburu sunrise. Cantiknya sang surya yang memancar pertama kali di pagi hari, terasa sangat hangat dan merupakan momentum yang dinanti-nantikan

Untuk mendapatkan momentum yang pas saat matahari terbit, biasanya seseorang rela pergi ke suatu tempat yang jauh untuk bisa menikmatinya. Seseorang akan pergi ke tempat yang tinggi, agar bisa menyaksikan indahnya pancaran matahari yang membuka kegelapan pagi.

Di Jogja, banyak spot sunrise yang bisa kalian kunjungi. Bahkan orang-orang menyebutnya dengan golden sunrise karena matahari yang terbit memancarkan warna keemasan yang indah.

Berikut adalah beberapa spot sunrise yang sudah kami rangkum :

Gunung Ireng

Lokasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Gunung Ireng, nama dari “Gunung Ireng” yang artinya gunung hitam berasal dari bahasa Jawa “ireng” artinya hitam. Gunung ini terdiri dari batu – batuan hitam yang dikelilingi sedikit pepohonan. Bebatuan yang ada di Gunung Ireng ini mirip dengan yang ada di bukit Nglanggeran. Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini membuat suasana di daearah Gunung Ireng ini sejuk dan dingin, dijamin betah memkalianngi suasana sunrise disini, perpaduan antara langit, bukit, awan serta pepohonan yang menghiasi indahnya sang surya menyingsing menjadi point view disini.

Lokasi Gunung Ireng ini berada di Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak 25,6 Km dari Tugu Yogyakarta dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan kalian dapat menikmati keindahan sunrise yang sangat menawan. Untuk harga tiket masuk di Gunung Ireng ini terbilang murah yaitu Rp. 5.000 saja.

Bukit Cendana

Lokasi selanjutnya berada di daerah Kulon Progo bernama Bukit Cendana. Untuk datang ketempat wisata ini memang sangat disarankan ketika pagi hari sebelum matahari menyongsong, atau ketika matahari ingin tenggelam, karena dari Bukit Cendana kita dapat menikmati 2 moment sekaligus yaitu sunrise dan sunset. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona, dengan disediakannya gardu pkalianng kalian dapat menikmati pemkalianngan yang tidak terlupakan, hamparan hijau yang memanjakan mata serta luasnya Waduk Sermo terlihat jelas dari atas Bukit Cendana. Untuk mencapai lokasi puncak Bukit Cendana kalian harus berjalan sekitar 5-10 menit saja kemudian kalian dapat menunggu hingga matahari terbit dari arah timur dengan sangat indah.

Untuk lokasi tepatnya Bukit Cendana berada di Tegiri 2, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak 38 Km dari Tugu Yogyakarta dengan jarak waktu 1 jam 18 menit. Untuk biaya masuknya juga terbilang murah yaitu Rp. 5.000 dan untuk parkir Rp. 2.000 untuk motor.

Bukit Panguk

Lokasi selanjutnya masih berada di daerah perbukitan, yaitu Bukit Panguk. Lokasi bukit ini sangat persis menghadap ke timur, yang membuat view dari bukit ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi wisata Bukit Panguk pagi hari ketika matahari belum terbit, karena sajian alam di pagi harinya sangat mempesona dan memanjakan mata, pikiran, dan hati. Lautan awan yang berada di kaki Bukit Panguk serta matahari yang mengintip dari bukit merupakan point utama pemkalianngan di Bukit Panguk ini. Sembari melihat keindahan alamnya, udara di bukit ini sangatlah sejuk dan membuat suasana disini damai dan tentram.

Lokasi dari Bukit Panguk ini berada di Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 28 Km dengan waktu tempuh 1 jam 2 menit dari Tugu Yogyakarta. Tiket masuk ke Bukit Panguk sangat murah yaitu Rp. 3.000 dan untuk parkir cukup Rp. 2.000 saja. Dengan uang Rp. 5.000 saja sudah dapat menikmati keindahan sunrise yang tak tergantikan.

Bukit Ngisis

Kemudian lanjut ke daerah yang masih berada di perbukitan juga namun berada di daerah Kulon Progo namanya Bukit Ngisis. Tempat itu dinamakan Bukit Ngisis. Dalam bahasa Jawa, “ngisis” memiliki arti tempat mencari semilir angin sepoi-sepoi. Bukit ini berada di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian sekitar 900 mdpl. Dari puncak bukit, kalian bisa menikmati pemkalianngan yang indah. Saat langit cerah, bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.  Di puncak bukit ini juga, kalian juga bisa menanti sunrise dan sunset. Maka dari itu cocok banget dateng ke wisata ini di pagi hari sebelum matahari menyingsing.

Namun wisata ini juga menawarkan paket camping jika tidak ingin melakukan perjalanan di pagi hari buta. Lokasi bukit ini berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk biaya masuk cukup membayar Rp. 5.000 saja.

Gunung Merapi

Selanjutnya lokasi sunrise di daerah puncak yang terakhir kami rekomendasikan tidak lain dan tidak bukan adalah Gunung Merapi, gunung yang menjadi patokan mata angin bagi warga Yogyakarta, serta berdiri dengan gagah terlihat dari sudut kota Yogyakarta. Buat kalian yang suka mendaki gunung, tentu nggak boleh melewatkan pemkalianngan yang satu ini. Gunung Merapi jadi salah satu spot sunrise terbaik yang ada di Yogyakarta. Meski jadi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, tapi keindahan alam dari puncak selalu menggoda.

Sebelum mendaki, kamu harus pastikan statusnya terlebih dahulu. Karena belakangan aktivitasnya sedang meningkat sehingga perlu waspada dengan ancaman bencananya. Daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, lebih baik jaga-jaga dari awal.

Pantai Sundak

Selanjutnya kita berpindah ke lokasi dataran rendah, sunrise tidak melulu harus dilihat dari lokasi yang berada di ketinggian, namun dari daerah dataran rendah pun keindahan dari sunrise pun juga tak kalah mempesona. Lokasi selanjutnya bernama Pantai Sundak. Pantai Sundak menjadi tempat wisata pantai yang asyik untuk Kalian kunjungi, karena pasir putih di tepi pantainya cukup luas, tebing-tebing atau batuan karang yang melengkapi pemandangan di pantai ini, pantai pun masih terlihat eksotis dan masih alami. Jadi akan sangat menyenangkan jika berkunjung di pantai ini bersama sanak keluarga maupun teman perjalanan Kalian. Untuk mendapatkan sunrise di pantai ini, kalian dapat berangkat ketika matahari masih belum terbit.

Mengingat lokasinya yang cukup luas, tentu banyak sekali aktivitas yang bisa pengunjung lakukan, seperti bermain sepak bola pantai, bermain volly, atau game outbond beramai-ramai sembari menikmati keindahan pantainya.

Untuk lokasi pantai ini berada di Jl. Pantai Sundak, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak cukup jauh yaitu 67 Km atau 1 jam 53 menit perjalanan dari Tugu Yogyakarta.

Pantai Krakal

Kemudian masih di daerah dataran rendah, kita berlanjut ke pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai Sundak, yaitu Pantai Krakal. Di pantai ini kita dapat menikmati indahnya matahari terbit dengan sangat mempesona, dipadukan hamparan luas lautan lepas dari bibir pantai ditambah dengan batuan di tengah pantai menjadi pemandangan yang eksotis dan menawan. Tentunya jika mendatangi pantai ini sangat direkomendasikan ketika cuaca sangat cerah, akan sangat mendukung pemandangan yang kita nikmati ketika cuaca sedang cerah.

Lokasi pantai Krakal ini berada di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jarak 65 Km dengan jarak tempuh waktu 1 jam 51 menit dari Tugu Yogyakarta.

Pantai Jungwok

Sebagai penutup, Lokasi terakhir yang kami rekomendasikan di daerah dataran rendah ini adalah Pantai Jungwok. Keindahan sunrise yang susah untuk diungkapkan karena saking indahnya. Pantai ini masih kurang terjamah oleh orang-orang karena lokasinya yang berada di tepi pesisir pantai timur Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini perlu effort yang lumayan besar, karena dari lokasi parkir menuju pantai harus berjalan sejauh 1 Km yang memiliki medan jalan bebatuan cukup terjal. Namun ketika mencapai pantai ini tentu sangat terbayarkan lelah yang kita jalani, apalagi menikmati pantai ini di pagi hari ketika matahari terbit. Perpaduan panorama alam lautan dan langit bersama sang surya menyingsing menjadi satu padu.

Lokasi pantai ini berada di Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak cukup jauh dari pusat kota yaitu 2 jam 19 menit dengan jarak 76 Km.