Siapa yang tak kenal mie yamie? kalian pasti banyak yang tahu. Ya! Mie yamie adalah mie yang memiliki ukuran lebih kecil daripada mie biasanya dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Banyak kedai atau tempat makan yang menjajakan mie yamie. Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Yogyakarta dan ingin menyantap mie yamie, tak perlu risau. Kalian dapat dengan mudah menjumpai penjual mie yamie.

Lalu, kedai mie yamie mana saja ya yang dapat dikunjungi? Yuk, simak empat rekomendasi mie yamie yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Yogyakarta!

Mie Ayam Bandung 59

Oke kita ke resto yamie yang pertama yaitu Mie Ayam Bandung 56. Meskipun namanya Mie Bandung 59, lokasinya ada di Yogyakarta kok, tepatnya di Kecamatan Gondomanan, namun Mie Ayam Bandung 59 ini memiliki banyak cabang di Yogyakarta. Gak kalah terkenal, di sini memiliki varian yamie yang beragam, mulai dari yamie manis sampai yamie asin. Meskipun namanya mie ayam, namun makanan yang disediakan disini adalah yamie. Mie Ayam Bandung 59 ini terkenal dengan yamieya yang kenyal serta kuahnya yang menyegarkan bersama dengan toping yang melimpah.

Menu yang direkomendasikan disini adalah Yamie Manis Pedas Spesial yang ada pangsit goreng dan pangsit rebus sekaligus baksonya. Kalian harus cobain semua toppingnya, karena semua menu disini sangat enak!.

Untuk lokasi Mie Ayam Bandung ini terdapat 4 cabang yaitu

  • Di dekat Pasar Pathuk yang merupakan pusatnya,
  • kemudian Cabang Babarsari di Komplek Ruko Babarsari No.7,
  • lalu Cabang Maguwoharjo di Jl. Raya Solo-Yogyakarta KM.9,
  • dan Cabang Mozes Gatotkaca yang berada di Jl.Gatotkaca, Mrican, Caturtunggal.

Untuk jam bukanya rata-rata cabang dari jam 10.00 – 20.30, namun untuk di pusat sudah buka dari jam 07.00 pagi. Harga dari Mie Ayam Bandung 59 mulai dari Rp. 12.000 – Rp. 19.000 saja.

 Yamie Pangsit Pathuk

Selanjutnya adalah Yamie Pangsit Pathuk, memang makan yamie paling nikmat waktu suasana sedang dingin-dinginnya. Apalagi yamie yang dimakan adalah Yamie Pangsit Pathuk yang banyak dijuluki sebagai yamie paling enak di Yogyakarta. Selain itu Yamie Pangsit Pathuk merupakan pelopor yamie di Yogyakarta, karena sejak tahun 1999 yamie ini sudah memanjakan para penggemar mie yamie.

Gak cuma warga lokal yang selalu memenuhi warung ini, tapi wisatawan juga banyak yang penasaran dengan kelezatannya. Untuk kalian yang suka makan besar, bisa pesan yamie pangsit ukuran jumbo, tapi ada juga yang porsi biasa.

Untuk Lokasinya Yamie Pathuk ini memiliki 2 cabang yaitu :

  • di Yamie Pathuk Kemetiran Kidul63, Pringgokusuman, Gedong Tengen,
  • lalu cabang Yamie Pathuk Nologaten di Jl.Nologaten, Tempel, Caturtunggal.

Mereka buka dari jam 10.00 pagi hingga 21.00 malam, harga yang ditawarkan untuk menikmati yamie legendaris ini mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 23.000.

 Yamie Singkawang

Selanjutnya adalah yamie yang memiliki rasa otentik yaitu Yamie Singkawang. Resto Yamie Singkawang juga menjual aneka menu mie yamie yang lezat. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Mie yang lembut serta kuah yang kaya rasa siap menggoyang lidah kalian. Keotentikan mie yamie ini juga tak per dipertanyakan lagi.

Tak hanya mie yamie saja, resto ini juga menjual aneka makanan khas Singkawang. Salah satu menunya yang laris diserbu pembeli adalah choi pan. Selain choi pan, Hekeng merupakan menu favorit di Yamie Singkawang ini, terbuat dari udang yang diolah hingga renyahnya tiada tanding.

Lokasi Yamie Singkawang berada di Jl. Brigjen Katamso No.304, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk harga menunya cukup merogoh kantong yaitu dari Rp. 38.000 hingga Rp. 65.000, namun harga tersebut sangat worht it dengan rasanya yang sangat lezat.

Yamie Panda

Rekomendasi yamie terakhir kita adalah Yamie Panda. Bagi teman-teman yang tinggal di Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan kedai yang satu ini. Ya, Yamie Panda merupakan kedai mie yamie yang cukup populer di kota ini. Kedai ini telah memiliki banyak cabang di Yogyakarta.

Terdapat dua varian rasa mie yamie yang dapat dicoba yaitu asin dan manis. Selain itu, mie yamie ala Yamie Panda ini disajikan dengan berbagai macam topping. Kedai ini juga menjual berbagai macam kudapan seperti samosa, lumpia, bakso, siomay, dan lain sebagainya.

Untuk lokasi resto Yamie Panda ini terdapat banyak cabang di Yogyakarta, yaitu :

  • Chapter Ambarrukmo di Jl. Adisucipto No.63 (Timur Kimia Farma Lab)
  • Chapter Babarsari di Jl. Babarsari No.9A (Utara Hotel Ceria)
  • Chapter Cokroaminoto di Jl. HOS Cokroaminoto No.99 Pakuncen
  • Chapter Demangan di Jl. Demangan Baru No.23 Mrican
  • Chapter Godean di Jl. Godean Km 5 No. 130D, Nogotirto
  • Chapter Hartono Mall di Merapi View Food Court Hartono Mall lt.2
  • Chapter Jakal Atas di Jl. Kaliurang Km.13 Ruko 1 (Selatan UII)
  • Chapter Jogja City Mall di Jogja City Mall lt. 2 Unit 18
  • Chapter Kridosono di Jl. Yos Sudarso No.17, Kotabaru (Kridosono)
  • Chapter Lippo Plaza di Lippo Plaza Jogja Lantai UG
  • Chapter Megatruh di Jl. Kaliurang Km.5 Gg. Megatruh No.18A
  • Chapter Monjali di Jl. Monjali No.92 Gemangan Sinduadi
  • Chapter Tamansiswa di Jl. Taman Siswa No. 101. Mergangsan
  • Chapter Timoho di Alive Resto, Jl. Ipda Tut Harsono No.49A, Timoho

Untuk jam buka Yamie Panda dari jam 09.00 pagi hingga last order jam 21.30. Kisaran harga untuk menikmati yamie disini sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 41.000 kalian sudah bisa menikmati bermacam-macam jenis yamie dan toping yang sangat bervariatif.