Hari libur menjadi momen yang paling dinantikan bagi sebagian besar orang untuk berhenti sejenak dari rutinitas kerja. Hari libur pun banyak dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata yang dapat menyegarkan pikiran. Berbicara mengenai tempat wisata, tentunya kita ingin mengunjungi destinasi yang menyajikan pemandangan indah dan memiliki spot foto instagramable, bukan? Apabila kamu sedang berada di Yogyakarta, maka objek wisata Pantai Krokoh menjadi pilihan yang tepat.

Sebagian besar mungkin akan merasa asing saat mendengar nama Pantai Krokoh, bahkan bagi masyarakat Jogja sekalipun. Pantai ini masuk dalam daftar pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Letak pantai ini berada di perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, Pantai Krokoh secara administratif masih masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lokasi pantai ini berada di Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Krokoh terbilang cukup jauh jika dijangkau dari pusat Kota Jogja. Jarak yang harus ditempuh yakni 93 km atau memakan waktu 2 jam 30 menit.

Dibutuhkan tekad yang cukup kuat untuk dapat mengunjungi pantai ini. Jalan menuju pantai ini berupa cor dua jalur yang dapat dilalui motor maupun mobil. Area parkirnya berada dekat dengan tepi pantai. Namun, lelahnya perjuangan akan terbayarkan begitu sampai di lokasi. Keindahan pantai yang masih terjaga dan suasana alami pantai akan menyambut pengunjung dan siap mengusir segala penat di kepala.

Pesona Pantai Krokoh

Pantai Krokoh ini menyajikan pemandangan yang sangat jarang kalian temukan di pantai-pantai biasanya, selain karena akses menuju ke pantai ini masih lumayan terjal namun akan sangat terbayarkan jika kita sudah sampai pantai tersebut. Perpaduan antara bukit karang, hamparan ombak, dan pasir putih memberikan sensasi yang sangat luar biasa, karang ini pada dasarnya bisa pula dimanfaatkan sebagai spot foto cantik demi menambah koleksi pribadi Anda apalagi ketika air surut, karang – karang di tepi pantai sangat terlihat jelas, namun tetap  berhati-hati karena banyak bulu babi yang bersembunyi disela-sela karang tersebut. Tentu sangat puas dan dapat membuat kita lupa dengan masalah-masalah yang kita miliki.

Saran waktu  untuk mendatangi Pantai ini adalah ketika pagi hari sebelum jam 06.00 pagi, karena dari pantai tersebut terdapat tebing karang yang dapat dinaiki untuk melihat view sunrise di pantai ini. Selain itu kalian dapat menghabiskan waktu lebih lama di pantai ini karena sudah datang dari pagi. Keindahan dan keelokan pantai ini sangat baik dinikmati ketika pagi hari, karena keindahan pantai ini akan maksimal ketika dipagi hari. Jika tidak ingin berangkat terlalu pagi dari pusat kota, mungkin kalian bisa memilih opsi untuk berkemah disana, dan bangun pagi untuk menikmati sunrise.

Fasilitas Pantai Krokoh

Untuk fasilitas di pantai ini belum selengkap dan memadahi seperti di pantai-pantai populer lainya di Jogja, karena pada dasarnya pantai ini masih belum begitu terjamah dan aksesnya pun masih berbentuk cor dua jalur yang cukup untuk mobil dan motor, namun untuk tempat parkir sudah dekat dengan pantai jadi tidak perlu repot-repot berjalan jauh dari area parkir menuju lokasi pantai. Pantai ini juga menyediakan toilet untuk bilas ketika selesai bermain air dipantai. Jika perut lapar menyerang, jangan khawatir karena di sekitar pantai ini terdapat warung milik warga sekitar yang menyediakan jajanan makanan dan minuman.

Jadi jangan khawatir jika kalian tidak membawa bekal makanan atau minuman dari rumah ketika datang ke Pantai Krokoh ini, meskipun jalanan menuju pantai ini lumayan ekstrim naik dan turun dan masih mendominasi perhutanannya, namun sangat terbayarkan dengan keindahan dan keelokan pemandangannya jika sudah sampai di Pantai Krokoh ini!