Salah satu puncak terindah yang dimiliki Gunung Api Purba Nglanggeran adalah Watu Bantal. Alasan kenapa dinamakan Watu Bantal adalah karena bentuk penampakan batuannya mirip seperti tumpukan bantal. Letak Watu Bantal ini berada diujung timur dari Gunung Api Purba Ngelanggeran, atau berlawanan dengan puncak Nglanggeran yang selama ini kita kenal. Akses menuju Watu Bantal pun berbeda dengan puncak gunung api Nglanggeran pada umumnya, jika puncak Nglanggeran yang biasanya harus trekking sekitar 45-60 menit melewati beberapa pos untuk mencapai puncak, Watu Bantal bisa dicapai dengan kendaraan roda dua ataupun mobil offroad.

Watu Bantal menyuguhkan panorama matahari terbit yang sangat indah terutama di musim kemarau. Suasananya yang hening dan semilir udara yang sejuk terutama di pagi hari akan membuat wisatawan menjadi sangat rilex dan sejenak bisa melupakan rutinitas bekerja. Terlihat dari kejauhan, kawasan perbukitan Nglanggeran dengan hamparan hijau pepohonan serta pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan. Di sisi selatan Watu Bantal terdapat Camping Ground yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berkemah.


Watu Bantal – A Place to Relax Away from the City

One of the most beautiful peaks of the ancient volcano Nglanggeran is Watu Bantal. It’s called Watu Bantal because the appearance of the rocks there resembles a stack of pillows. It is located at the eastern end of the ancient volcano, opposite to the familiar Nglanggeran peak. The Access to Watu Bantal is different from the typical ascent to the Nglanggeran peak. It can be reached by two-wheeled vehicles or off-road vehicles.

Watu Bantal offers a stunning sunrise panorama, especially during the dry season. The serene atmosphere and cool, gentle breeze, especially in the morning, will truly relax tourists and provide a momentary escape from the daily grind. From a distance, you can see the Nglanggeran hills with their lush greenery and catch a glimpse of the city of Yogyakarta in the distance. On the southern side of Watu Bantal, there is a camping ground that tourists can use for camping