foto: travel mahasiswa.com

Sobat Visting Jogja , pesona wisata alam di Kulon Progo ini sangat eksotik, terletak tak jauh dari Goa Kiskendo. Goa Kidang Kencono merupakan bagian dari barisan perbukitan Manoreh memiliki panjang lorong yang diperkirakan mencapai 350 meter menawarkan pesona keindahan goa alami pada stalaktit dan stalakmit yang masih aktif.

Sungai bawah tanah merupakan salah satu daya tarik dari Goa Kidang Kencana yang terletak tidak jauh dari lokasi Goa Kiskendo. Tak hanya itu, sungai bawah tanah ini jika ditelusuri akan tembus hingga ke Goa Kiskendo. Goa Kidang Kencono merupakan bagian dari barisan perbukitan Manoreh. Goa ini memiliki panjang lorong yang diperkirakan mencapai 350 meter. Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan stalagmit dan stalaktit yang masih terjaga alami di dalam goa.

Ketika memasuki goa, kita akan langsung merasakan nuansa dingin, lembab, gelap dan mencekam. Hanya berbekal senter dan head lamp, kita akan berjalan selangkah demi selangkah menyusuri setiap jengkal lorong goa. Sesekali bunyi kelelawar yang bergelantungan di atas dinding goa terdengar, menambah suasana sunyi.

Lokasi dari Goa Kidang Kencana ini terletak di Sabrangkidul Purwosari Girimulyo Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kita harus menempuh jarak sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Jogja, atau kurang lebih satu jam perjalanan, melalui rute Jalan Godean. Setibanya di lokasi parkir, kamu masih harus berjalan kira-kira 400 meter untuk menuju ke lokasi goa tersebut. Jalan yang merupakan akses menuju ke mulut Goa Kidang Kencono ini sudah di cor beton dan dalam kondisi cukup baik.