foto: kompas.com

Ayam goreng adalah hidangan yang populer di seluruh Indonesia, dan daerah Gunung Kidul di Yogyakarta juga memiliki versi ayam goreng yang lezat. Ayam goreng “Mbok Tumbu” di Gunung Kidul mungkin memiliki citarasa khas dan gaya tersendiri.

Ayam Goreng Mbah Tumbu merupakan tempat makan legendaris di Jogja, karena sudah berdiri sejak tahun 1963 dengan cita rasa yang sama nikmatnya. Ciri khas dari Ayam Goreng Mbah Tumbu adalah menggunakan ayam kampung yang diolah secara presisi dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan menjadikannya empuk.

Pengolahannya masih menggunakan alat tradisional yaitu menggunakan tungku berbahan bakar kayu sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat khas alam pedesaan. Satu porsinya berisi ayam kampung bacem goreng yang dipadukan dengan lodeh tahu cabai hijau. Hal lain yang membuatnya terasa nikmat dan membuat ketagihan adalah sambalnya. Sambalnya merupakan perpaduan cabai rawit hijau dan sedikit cabai merah, ditambah bawang putih. Cita rasa kuliner lokal memang membuat ketagihan.

Ayam Goreng Mbah Tumbu terletak di Ngebrak Barat, Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih satu kawasan dengan Gua Kalisuci.