foto : @murakabicraft_

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki berbagai kerajinan tangan yang dibuat sebagai kebutuhan sehari-hari maupun oleh-oleh ketika pengunjung wisatawan datang. Kerajinan yang popular di daerah tersebut salah satunya kerajinan Serat Alam Nanggulan. Di Nanggulan banyak sentra kerajinan yang menjual hasil produknya, salah satunya toko Murakabi Craft yang cukup diminati hingga pasar internasional.

foto : @murakabicraft_

Murakabi Craft merupakan sentra pembuatan kerajinan serat alam sejak tahun 1999 yang berpusat di Dusun Sedang, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan. Berawal dari memanfaatkan limbah tanaman yang terbuang untuk diolah menjadi barang nilai ekonomis yang tinggi serta produk yang bernilai. Limbah tanaman yang dimanfaatkan seperti eceng gondong, pandan, pelepah pisang, serat agel dan daun palem untuk di produksi berbagai kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

Pargono sosok di balik lahirnya Murakabi Craft menjelaskan pengunjung bisa menjumpai aneka kerajinan tangan serat alam mulai dari karpet, pot, vas bunga, tas, hingga perabotan rumah tangga. Tak hanya itu, Murakabi Craft juga mengeluarkan produk seperti tas, pouch kecil, hingga tas-tas besar lainnya untuk mengikuti tren fashion 2023. Untuk setiap harga produknya di patok mulai dari 10 ribu hingga ratusan juta sesuai produk yang pengunjung minati.

foto: @murakabicraft_