foto: @sambelilerbag

Kampung Wisata Sayidan yang terletak di tengah Kota Yogyakarta dimana terkenal dengan warisan budaya dan seninya. Pengunjung dapat menemukan berbagai pengrajin souvenir di area ini yang menggunakan bahan seperti goni (rami) untuk membuat souvenir unik dan ramah lingkungan.

Kerajinan dari bahan goni adalah seni kerajinan yang melibatkan penggunaan serat goni atau tali goni sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam produk kreatif. Goni adalah serat alami yang diperoleh dari tanaman tumbuhan goni (Corchorus capsularis atau Corchorus olitorius). Bahan ini sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan karena mudah diolah, kuat, dan memiliki tekstur yang unik.

foto: jogja.tribunnews.com

Kerajinan bahan goni di kampung Sayidan dikelola oleh Sunardi dengan membuka showroom “Sambelilier” yang menyedian berbagai produk kerjinan berbahan goni antara lain tas goni yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk tote bag, tas belanja, dan tas selempang. Selain tas, serat goni juga digunakan untuk membuat berbagai kerajinan anyaman seperti topi, bingkai foto, keranjang, dan hiasan dinding. Serat goni juga digunakan untuk membuat kain anyaman yang dapat digunakan untuk meja, meja makan, atau hiasan rumah hingga aksesoris dan dekorasi pernikahan.

Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Wisata Sayidan akan mudah menemukan toko souvenir dengan dipandu oleh masyarakat sekitar ke pengrajin atau toko souvenir berbahan goni “Sambelilier”. Untuk mendukung pengrajin lokal dengan membeli produk mereka. Souvenir yang terbuat dari bahan seperti goni seringkali memiliki daya tarik yang unik dan autentik sehingga dapat dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh yang menarik.