Pada hari Senin, 30 Mei 2016 Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengadakan kunjungan ke beberapa lokasi wisata di DIY. Adapun agenda kunjungan adalah sebagai berikut:

1. Kunjungan ke Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul dalam rangka peresmian bantuan gubernur Sektor Kepariwisataan Tahap I untuk Revitalisasi Sendang Mangunan sebagai destinasi wisata budaya sebagai bagian dari pengembangan kawasan Imogiri-Dlingo (17 titik). Di tempat ini dilaksanakan penandatanganan prasasti Peresmian bantuan Gubernur.

2. Dalam rangka mengembangkan kemitraan antara perhotelan dan desa/kampung wisata, Dinas Pariwisata DIY mempunyai inisiatif untuk memperkuat jalinan jejaring antara kedua stakeholders pariwisata tersebut, maka di tempat yang sama, dilaksanakan Launching Program One Hotel One Dewi (1 hotel – 1 desa/kampung wisata) sekaligus penyerahan sertifikat penghargaan kemitraan dengan 21 hotel bintang peserta program tersebut.

3. Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Lomba Desa/Kampung Wisata. Penilaian Lomba Desa Wisata dilaksanakan pada tanggal 8-22 Maret 2016 dengan 15 peserta lomba yang merupakan perwakilan dari Kabupaten/Kota di DIY. Adapun pemenang Lomba Desa Wisata DIY tahun 2016 adalah sebagai berikut:
– Juara I Desa/Kampung Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul
– Juara II Desa/Kampung Wisata Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo
– Juara III Desa/Kampung Wisata Jelok, Beji, Patuk, Gunung Kidul
– Juara Harapan I Desa/Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
– Juara Harapan II Desa/Kampung Wisata Purwosari, Kulonprogo
– Juara Harapan III Desa/Kampung Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul.

4. Agenda kunjungan Gubernur dilanjutkan menuju lokasi terakhir yaitu ke Kawasan Wisata Lava Bantal, Sleman. Di tempat ini dilaksanakan penandatanganan Prasasti Peresmian Bantuan Gubernur untuk Kawasan Wisata Lava Bantal. Selanjutnya diadakan dialog Bapak Gubernur dengan masyarakat di Kawasan Lava Bantal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here