Desa wisata salah satu destinasi yang sangat diminati oleh wisatawan saat ini baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Wisatawan tidak hanya melihat potensi dan obyek di desa wisata tetapi juga sangat menginginkan kuliner yang ada di desa wisata tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, Dinas Pariwisata DIY memberikan keterampilan kuliner bagi pengelola dan pelaku wisata, khususnya ibu-ibu dan pemuda-pemudi.?Tujuan diselenggarakannya pelatihan kuliner selain untuk memenuhi kebutuhan wisatawan juga meningkatkan keterampilan dan perekonomian di desa wisata tersebut.?Materi yang diberikan meliputi teori, praktek memasak, dan cara penyajian serta pemasarannya. Dalam pembuatan makanan diambil dari bahan? lokal di masing-masing desa wisata tersebut.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan kuliner di Kabupaten Sleman tanggal 26-28 April, Gunungkidul tanggal 2-4 Mei, Bantul tanggal 10-12 Mei, Kulonprogo tanggal 17-19 Mei, Kota Yogyakarta tanggal 23-25 Mei. Peserta dari Desa Wisata dihadiri oleh pemuda-pemudi hingga pemilik dan pengelola warugn-warung kuliner dengan jumlah peserta 30 orang untuk masing-masing desa wisata. Pada pelatihan kuliner yang dieselenggarakan di masing-masing kabupaten/kota juga diberikan materi pelatihan pengolahan makanan yang berbeda yang tentunya harus mampu memunculkan ciri khas dan keunikkan dari masing-masing kabupaten/kota.

1 Menu olahan di Kabupaten Sleman: snack dari olahan buah salak (nogosari, kroket, stik, dodol).
2 Menu olahan di Kabupaten Bantul: masakan ingkung ayam kampung, martabak singkong, kroket singkong, dan ikan asam manis.
3 Menu olahan Kabupaten Gunungkidul: kroket singkong, nasi jagung (lengkap lauk pauk), ledre, dan criping pisang.
4 Menu olahan Kabupaten Kulon Progo: ikan bumbu rujak, buntil lumbu, martabak singkong, nasi jagung, sayur lompong, dan krispi ikan
5 Menu olahan Kota Yogyakarta: lemper kacang ijo, nasi kuning dan puding roti

Pelatihan kuliner apa tahun ini juga menghadirkan tenaga pengajar yang cukup berpengalaman di bidang kuliner di Hotel, yaitu Chef Sugeng Wiyadi, SE, MM. dan dibantu oleh bapak Yoko. selain memeberikan materi cara memesak kepada peserta, chef Sugeng juga memberikan tips dalam penyajian masakan tersebut agar dapat terlihat kenikmatannya.
Sumber Eru (Dinas Pariwisata DIY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here