Foto : @rukky.isk

Jika anda pernah berkunjung ke Bantul wisata apa yang terlintas oleh anda? Pantai? hmm mungkin anda perlu tahu destinasi wisata Bantul yang satu ini? Ya di artikel kali ini akan dibahas tentang wisata air terjun Randusari yang berada di Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perlu waktu sekitar 1 jam jika anda dari pusat kota yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan taman buah mangunan dan puncak Becici serta air terjun Sri gethuk. Air Terjun Randusari, mengapa dinamakan randusari? Karena wisata air terjuan yang satu ini didekatnya terdapat pohon randu yang cukup besar. Dan kata sari yang bermakna utama dalam bahasa jawa. Menurut cerita di masa lalu, air terjun ini digunakan oleh warga untuk pasokan air bersih. Namun, karena seiring perkembangan zaman tempat ini dirasa memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dijadikan tempat wisata.

Dengan tinggi air terjun sekitar 15 meter dan kedalaman airnya hanya berkisar 1-2 meter. Dasar Anda akan disuguhkan suasana alam yang menenangkan hati. Suara percikan air menambah suasana yang menyenangkan. Anda bisa puas bermain air disini sembari menikmati pesona alam air terjun randusari ini. Bagi anda yang mungkin bosan dengan wisata pantai atau gunung, air terjun menjadi solusinya. Dan anda bisa mencoba berkunjung kesini Air Terjun Randusari.

Yang menarik adalah adanya hammock di sekitar tempat ini. Anda bisa bersantai sembari tiduran di hammock ini. Kondisi lingkungan yang sangat dijaga sehingga bersih dari sampah. Membuat kesan asri pada tempat ini semakin lengkap. Selain itu, airnya juga sangat jernih karena bersumber dari mata air ngreboh. Meskipun wisata ini sangat memanjakan mata, hendaknya anda tetap berhati-hati. Pasalnya bebatuan yang licin bisa saja membuat anda terpeleset. Ditambah lagi pesona air terjun yang terbelah menjadi 2 oleh sebuah batu menambah anda semakin enggan beranjak dari tempat ini.

Yang menjadi daya tarik selanjutnya adalah adanya gazebo. Anda juga bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam air terjun randusari dari gazebo. Atau sekedar beristirahat sambil menikmati bekal makanan anda. Selain itu, di tempat ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dari mulai kamar mandi, tempat parkir, warung pedagang yang menjajakan jajanan. Jadi tidak usah khawatir bagi anda yang lupa membawa bekal dari rumah.

Jika anda ingin kesini, tempat ini biasanya hanya buka di musim penghujan. Medan yang dilalui pun relatif cukup mudah, meskipun begitu anda harus tetap berhati-hati saat menuju ke air terjunnya. Dari tempat parkiran anda perlu berjalan sekitar 200 meter atau sekitar 15 menit perjalanan menuju ke air terjun Randusari. Biaya masuknya pun sangat murah hanya 2000 rupiah tiap orang. Untuk harga parkirnya juga standar 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil.

Tips saat anda mau berkunjung ke air terjun Randuasri ini. Gunakan sandal di saat musim penghujan cenderung jalanan becek, apalagi jika medan yang dilalui adalah tanah biasa. Kemudian jangan lupa membawa baju ganti, meskipun nanti ketika disana anda tidak bermain air ada baiknya dipersiapkan. Lalu, yang tak kalah penting adalah mengecek rute perjalanan, jika anda ingin ke tempat wisata air terjun randusari ini. Berapa lama perkiraan jarak tempuh jangan sampai anda salah perhitungan. Agar nanti tetap bisa puas saat berlibur di sana, selain itu juga perhatikan hari di saat pengunjung ramai. Disamping itu, anda juga bisa berkunjung ke bukit becici atau taman buah mangunan entah sebelum atau setelahnya. Karena lokasinya yang relatif dekat, ini bisa menjadi paket lengkap untuk liburan anda. Randualas ini juga bisa menjadi alternatif wisata air terjun Sri Gethuk yang memang sudah terkenal dengan wisata air terjun terbaik di Bantul.

Selain tips di atas, demi keselamatan tetap waspada saat hujan turun. Saat bepergian ke wisata air terjun hati-hati dengan perubahan debit air. Dan juga disarankan untuk tidak berlibur ke tempat wisata ini setelah hujan, karena biasanya wisata air terjun setelah hujan aliran air menjadi agak keruh. Selalu jaga dan awasi anak-anak jika ikut bermain air.

Demikian pembahasan terkait wisata air terjun randusari. Dihimbau untuk anda yang ingin kesana selalu bersikap sopan dimanapun. Dan selalu menjaga lingkungan sekitar dari mulai tidak membuang sampah sembarangan hingga tidak merusak apapun yang ada di tempat itu.