Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyerahkan penghargaan kepada Provinsi DIY sebagai bentuk apresiasi usaha masyarakat bagi Community Based Tourism (CBT) dan Homestay tahun 2018 di Gedung Sapta Pesona Balairung Soesulo Sudirman, Kementerian Pariwsata RI. Ada dua penghargaan yang diterima oleh DIY, sebagai Juara I Pengelola CBT Desa Wisata Tingkat Nasional yaitu Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dan Juara I Pengelolaan Home Stay Tingkat nasional, yaitu Homestay Rejo Kaki Langit Kabupaten Bantul.

Rabu (5 Desember 2018), Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani. Dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, beserta jajarannya.

Dari 20 Provinsi melibatkan 56 Desa wisata dan 62 Homestay kemudian terpilih menjadi 19 Desa Wisata Kategori CBT, 18 homestay untuk kategori dari 10 provinsi se-Indonesia. Peninjauan dan penilaian lapangan terhadap 19 desa wisata dan 18 homestay yang masuk nominasi sudah di mulai dari tanggal 28 Agustus sampai dengan 18 September 2018. Penilaiannya berdasarkan standar CBT ASEAN yang terdiri dari 8 kriteria yang harus dipenuhi desa wisata (CBT) antara lain kepemilikan dan kepengurusan ole masyarakat, kontribusi terhadap kesejahteraan sosial, kontribusi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan, mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat lokasl dengan pengunjung, jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas, kualitas makanan dan minuman, kualitas akomodasi sampai kinerja friendly Tour Operator. Sedangkan Penilaian pengelolaan Homestay dilihat pada aspek produk, pelayanan dan pengelolaan. Masing-masing pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah sebesar 12 juta rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here