Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Banyaknya masyarakat yang mudik memiliki resiko kecelakaan maupun terkena penyakit saat di perjalanan. Oleh karena itu menjaga kesehatan sangat penting dilakukan, baik sebelum mudik, saat mudik maupun saat arus balik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengimbau masyarakat, terutama bagi para pemudik menerapkan perilaku bersih dan sehat (PHBS) untuk menghindari terserang penyakit selama mudik.

Kemenkes menuturkan penyakit yang paling banyak diderita selama mudik antara lain infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Selain itu hipertensi juga ditemukan pada musim mudik 2018 lalu. Kemenkes menghimbau agar para pemudik mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makan untuk menghindari kuman penyebab diare. Selain itu, masyarakat diminta mengonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Sebaiknya menyiapkan perbekalan selama dalam perjalanan mudik agar terjamin kebersihannya. Jika membeli makanan kemasan perhatikan selalu kandungan yang ada di dalamnya termsuk melihat tanggal kadaluarsa produk yang akan dibeli. Selalu gunakan masker untuk melindungi diri dari asap, debu dan polusi. Polusi ini juga termasuk asap rokok didalamnya. Selain merugikan diri sendiri sebagai perokok aktif, orang lain sebagai perokok pasif juga akan terkena dampak buruk dari asap rokok.  Kemudian jangan sembarangan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Guna menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat diminta membuang sampah pada tempatnya serta tidak buang air kecil atau besar sembarangan dan menggunakan toilet yang tersedia.

Selanjutnya ada tips untuk melindungi telinga. Masyarakat disarankan menggunakan headset atau speaker di telingan dengan volume 60% dari volume maksimal. Hindari penggunaan headset atau speaker dalam kondisi sedang diisi baterai. Hindari juga lingkungan bising atau lebih dari 80db.

Kemenkes juga membagikan tips menikmati kuliner lebaran untuk mencegah penyakit tidak menular. Masyarakat dihimbau untuk memperbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah-buahan. Hindari minuman berkarbonasi dan manis berlebihan serta makanan manis, asin dan mengandung banyak lemak berlebih. Tetap melakukan aktivitas fisik untuk menjaga keseimbangan asupan makanan dan kalori yang dikeluarkan tubuh. Semoga mudiknya lancar ya. (San/dna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here