Kabar gembira bagi anda pecinta travelling. Karena mulai (01/08/2019) ada rute penerbangan terbaru yakni dari dan menuju Lombok Nusa Tenggara Barat (LOP) ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Rute dimulai dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (LOP-YIA-LOP) dengan maskapai Air Asia.

Penerbangan perdana Air Asia mulai beroperasi Kamis (01/08/2019) menggunakan pesawat A320 nomor penerbangan QZ650. Pesawat berkapasitas 180 penumpang, dengan tingkat okupansi penumpang mencapai 64% (116 penumpang) dan tiba di YIA pukul 08.35 WIB.

Penyambutan seremonial dengan pemberian water salute ketika pesawat mendarat dan penyerahan bunga secara simbolis kepada 10 orang penumpang pertama yang turun dari pesawat juga dilakukan oleh pihak PT Angkasa Pura I (Persero).

Ketika salah satu penumpang asal Lombok Barat Muzammir (25) diwanwancarai, dia mengungkapkan sengaja memilih penerbangan melewati YIA karena penasaran dengan bandara baru Yogyakarta. “Saya pernah lihat review di Youtube, katanya keren. Banyak desain interior yang khas Jogja. Tadi saya rasakan juga pendaratannya lebih halus dibandingkan dengan bandara lainnya,” terang Muzammir, yang mendarat di YIA bersama rekan-rekannya dari Lombok untuk berwisata.

Adapun oleh Dodi Oktavia yang merupakan Pilot Air Asia dalam penerbangan perdana tersebut mengatakan bahwa penerbangan kali ini sangat luar biasa. “Kami ucapkan terimakasih atas dukungannya sehingga Air Asia bisa landing di Yogyakarta. Cuaca juga bagus dengan jarak pandang 6 km, airport-nya excellent! Alhamdulillah hari ini kami mendarat on time. Tidak ada kendala di perjalanan,” ujar Dodi.

Setelah berakhirnya kegiatan seremonial penyambutan tamu perdana dari Lombok tersebut, pesawat Air Asia kembali bersiap untuk melakukan penerbangan rute YIA-LOP yang akan berangkat pukul 09.00 WIB dengan nomor penerbangan QZ651. Rute tersebut berisi 136 penumpang (tingkat okupansi 77%) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, pada pukul 11.25 WITA.

Kemudian oleh General Manajer PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta A. Pandu Purnama menjelaskan bahwa “Dengan dibukanya penerbangan LOP-YIA-LOP, artinya telah terbuka konektivitas antar destinasi wisata unggulan di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya berbagai pilihan rute luar Jawa yang dibuka di YIA”. Beliau juga menambahkan, Harapan ke depan, peluang untuk menampung wisatawan mancanegara di DIY dan sekitarnya semakin baik sekaligus dapat mendukung  pertumbuhan pariwisata nasional. (san/yas)

Yogyakarta International Airport (YIA)