Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, memunculkan inovasi baru dari teknologi. Salah satu inovasi yang dihadirkan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Virtual Tour sebagai media informasi untuk memperkenalkan destinasi wisata yang bisa dikunjungi di DIY yang ditampilkan secara virtual dari lokasi wisata dengan panorama 3600 , sehingga pengguna dapat mengetahui keadaan sekitar serta memberikan pengalaman dan wawasan baru dalam berwisata.

Dinas Pariwisatas DIY menyajikan Virtual Tour di 2 Lokasi, Lokasi pertama adalah Sumbu Filosofi, merupakan garis lurus yang membentang dari Tugu Pal Putih menuju Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, hingga Panggung Krapyak, yang menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak lahir hingga menemui ajalnya.

Visual Tour Sumbu Filosofi

Lokasi yang kedua, destinasi wisata didaerah Kabupaten Gunungkidul, yakni Goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng.

Virtual Tour Goa Jomblang