Desa Wisata Jelok atau yang biasa disingkat Dewi Elok bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata ke desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, terletak  di Dusun Jelok, Desa Beji , Kecamatan Patuk Gunung Kidul. Wisatawan akan disuguhkan paket wisata yang memiliki nilai edukasi, adat istiadat, tradisi dan kebudayaan pedesaan sekaligus merasakan petualangan seru lainnya.

Dewi Elok menghadirkan semangat pluralitas, kebersamaan, kegotongroyongan, pelestarian lingkunagan hidup dengan bertumpu pada entitas budaya dan kearifan lokal.

Paket Wisata yang ditawarkan kepada pengunjung

Di tempat wisata ini para pengunjung dapat mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang ditawarkan dalam bentuk paket wisata jogja 1 hari seperti berikut ini:

Wisata Budaya dan Pendidikan

Belajar budaya Jawa, bertani, ritual budaya, melukis

Wisata Petualangan

  • wisata air dengan tantangan berupa arum jeram melintasi kali Oya dan dengan keindahan Pemandangan Alam di sekitarnya
  • Wisata goa alami dengan ornamen stalagtit dan stalagmit yang indah. Di dalamnyarn ada juga kelelawar yang bergelantungan mengisi langit-langit goa. rnBerjalan sedikit ke dalam,kita dapat menikmati sungai bawah tanah yang rnjernih. Uniknya, sungai ini menjadi rumah bagi ratusan udang.
  • flying fox

Wisata outbound dan berkemah

Area outbond di desa wisata jelok, sudah dilengkapi dengan permainan high rope permanen. Pengunjung bisa  outbond , Makrab, Camp. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Paket Live in

Paket Live In Homestay ( rumah penduduk ),
Pengunjung akan merasakan hidup dialam pedesaan dapat mengikuti dan menjadi bagian dari adat, tradisi dan budaya pedesaaan. Dengan tinggal dirumah warga Dusun Jelok dan melakukan beberapa kegiatan selama 2  hari 1 malam.

Paket Live In Cottages
Untuk memberikan kenyamanan dan variasi pilihan kepada para pengunjung, kami menghadirkan  Cottages di area Kampoeng Jelok sebagai tempat bermalam. Disamping persawahan, menghadap Gunung api purba nglanggeran. Rumah Limasan yang seolah membawa anda ke masa beberapa puluh tahun silam, menikmati kilauan  kunang – kunang, derik jangkrik, suara gamelan dan suara alam lain.


Tersedia Cottages di desa wisata jelok, dengan pemandangan hamparan sawah ditepian sungai oyo.

Hunian khas untuk bermalam di area Desa Wisata Jelok, Paruk Gunungkidul, dengan suasana malam yang khas Pedesaan dan bagi yang ingin menginap rndengan rombongan banyak juga tersedia Home Stay yang nyaman.

  • 4 bed setiap 1 rumah,kamar mandi dalam,perlengkapan mandi.
  • kopi/teh malam
  • sarapan pagi.

WISATA KULINER

Bagi pecinta kuliner, bisa menikmati kuliner dengan cita rasa tradisional yang tentu nikmat dan patut dicoba. Kami menyajikan berbagai menu khas Jogja , dengan menu utama Gudeg rnSinuwun ( jantung pisang ), Sayur lombok ijo,  Ayam kampung goreng / rnbakar, Nila goreng /bakar dll.


Salah satu Kuliner yang disediakan Desa Wisata Jelok adalah “Gudeg sinuwun Desa Wisata Jelok”. Gudeg sinuwun adalah gudeg yang dibuat dari jantung pisang. Rasanya tentu saja sangat nikmat disandingkan dengan nasi putih, ikan wader kali Oyo, dan  teh panas ala desa wisata jelok.

sumber : desawisatajelok.com