Foto : @jogjajateng

Yogyakarta memang tak pernah kehabisan pesona wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Rumah Domes yang terbilang unik. Desa ini juga biasa disebut dengan New Nglepen atau Rumah Telebbies. Berlokasi di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta anda perlu bergerak ke arah timur menuju Candi Prambanan, dari pertigaan lampu merah Prambanan belok ke arah kanan menuju ke arah kecamatan Piyungan, dan ikuti papan petunjuk arah menuju lokasi yang tersedia.

Desa wisata ini sangat unik karena menyuguhkan pemandangan desa wisata yang tak ditemui di kawasan lain. Begitu sampai di sini pengunjung akan disuguhi deretan rumah-rumah berbentuk dome menyerupai rumah tradisional Suku Eskimo yaitu Iglo. Apalagi rumah-rumah itu diberi cat warna-warni sehingga semakin menambah kesan menarik dan lucu. Selain bangunan yang memang unik, tempat wisata ini juga menyediakan aktivitas cukup menarik, pengunjung bisa berjalan-jalan di kawasan desa dengan deretan rumah domes di kanan dan kiri. Di beberapa titik sudah dilengkapi spot foto khusus untuk mengabadikan momen anda berkunjung di Rumah Domes.

Rumah domes dibangun bukan tanpa sebab, pada awalnya rumah domes ini hanya perkampungan biasa namun terkena dampak gempa tahun 2006 yang meluluhlantakan tempat tinggal warga. Hingga datang bantuan dari NGO dan membangun rumah berbentuk dome agar kuat dari goncangan gempa. Ketika pertama kali dibangun rumah-rumah tersebut masih berwarna putih polos dan hanya sekadar dijadikan tempat tinggal biasa. Namun semakin lama banyak orang yang penasaran dengan bentuk rumah tahan gempat tersebut dan berkunjung untuk melihat rumah dome yang terbilang tidak biasa dibangun di kawasan tropis. Berangkat dari situlah gagasan menjadikan Rumah Domes sebagai desa wisata muncul. Desa Wisata Domes juga ramah anak-anak dan keluarga. Saat ini desa wisata New Nglepen sudah cukup berkembang dan pengunjung yang datang tak hanya berasal dari dalam wilayah Yogyakarta saja namun juga dari luar Yogyakarta.

Untuk bisa melihat keunikan dari rumah-rumah domes yang warna-warni ini pengunjung hanya dipatok biaya retribusi sebesar Rp 5000,- Bagi yang penasaran dengan bagian dalam rumah, pengunjung boleh masuk dengan membayar Rp10.000,- Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini sudah cukup lengkap antara lain terdapat kamar mandi, mushola, area parkir, dan kedai makanan. Rumah Domes buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Saat ini terdapat beberapa fasilitas wisata yang menarik seperti paket sejarah dan fun trip, paket outbond dewasa, paket trip gerobak sapi, paket edukasi kebencanaan, dan paket keliling dengan jeep wisata. Masing-masing fasilitas dipatok dengan harga yang cukup terjangkau.