Foto : @gan_gumelar

Bagi pencinta wisata alam dari ketinggian tentunya sudah pernah mendengar Bukit Jangkang. Tetapi pencinta ketinggian yang dimaksud disini bukan ketinggian yang dinikmati dari udara, melainkan menikmati keindahan alam dari puncak-puncak gunung atau bukit. Bukit Jangkang sendiri merupakan salah satu puncak di deretan perbukitan menoreh yang ada di sekeliling Waduk Sermo. Bukit ini teretak di sebelah utara Waduk Sermo. Bukit ini berada di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Bukit Jangkang akan menawarkan pesona Waduk Sermo secara berbeda. Hal tersebut karena Waduk Sermo semakin terlihat cantik apabila dilihat dari atas bukit Jangkang ini. Sebutan Bukit Jangkang ini berasal dari adanya pohon jangkang yang berada dilokasi bukit tersebut. Pohon jangkang yang terletak dipuncak bukit ini dipotong dan dibangunlah gardu pandang. Oleh para pemuda akhirnya tempat wisata ini diberi nama Bukit Jangkang. Di kawasan ini dulunya terdapat banyak pohon jangkang. Setelah tahun 2017 pohon tersebut beberapa ditebang dan dijadikan tempat wisata.

Mirip dengan Bukit Cendana yang ada di Dusun Tegiri 2, wisata Bukit Jangkang ini berlatar perbukitan menoreh dan waduk sermo di tengah-tengahnya. Pesona yang ditampilkan sama dengan Bukit Cendana, hanya saja kamu akan melihat keindahan Waduk Sermo dari sudut yang berbeda. Pesona bukit ini akan semakin cantik apabila kamu datang kesini pagi atau sore hari. Ketika pagi hari kamu akan disuguhkan kesejukan khas perbukitan menoreh dengan hijaunya pepohonan yang diselimuti kabut tipis. Selain itu waduk sermo juga akan semakin terlihat anggun dan indah saat pagi hari. Berbeda dengan nuansa di sore hari, suasana yang ditawarkan akan berganti menjadi begitu romantis dan tenang. Sajian matahari terbenam dengan sembuat warga orange kemerah-merahan akan menghiasi langit dan sela-sela perbukitan menoreh. Tentu saja Waduk Sermo akan menambah keindahannya dengan memantulkan cahaya jingga dari matahari tenggelam.

Berbagai keindahan yang ditawarkan menjadi daya tarik bagi beberapa pasangan muda yang akan melangsungkan pernikahan. Bukit jangkang menjadi salah satu spot favorit pasangan muda untuk photo session atau pre wedding. Hasilnya yang cantik dengan pemandangan indah dibelakangnya akan menemani momen-momen perjalanan pasangan tersebut. Gardu pandang yang terletak dipuncak bukit menjadi salah satu lokasi pre weding dengan hasil terbaik. Gardu pandang yang dibangun di Bukit Jangkang ini memiliki konsep yang sama dengan gardu pandang di Bukit Cendana. Untuk kamu yang sedang tidak pre wedding, Gardu pandang ini juga sangat cocok untuk memenuhi feed Instagram kamu. Foto keren dengan latarbelakang waduk sermo pasti akan mengundang puluhan tanda hati di  unggahanmu.

Fasilitas yang ada di Bukit Jangkang ini cucup lengkap. Terdapat fasilitas umum standar seperti mushola, kamar mandi dan tempat istirahat. Selain itu dilokasi ini juga terdapat beberapa warung kecil yang menjajakan makanan ringan, ada juga jajanan khas kulon progo. Fasilitas yang cukup unik dan menarik yaitu fasilitas jasa foto. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tempat ini menjadi salah satu spot foto terbaik di sekitar Waduk Sermo. Tak heran jika terdapat jasa foto yang dengan sabar akan mengambil gambar dan mengarahkan kamu agar mendapat hasil jepretan yang maksimal. Dengan berbagai fasilitas yang terseda, kamu cukup menyiapkan uang Rp3.000 per orang untuk biaya retribusi. Sedangaan untuk tiket parkir seperti pada umumnya berkisar anatara Rp2.000-Rp.5000 disesuaian dengan jenis kendaraan. Untuk menuju tempat wisata ini sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor. Jalanan yang sempit menjadi salah satu alasannya. Kamu akan lebih leluasa berkeliling menggunakan kendaraan roda dua ini.