Foto : @houseoframinten

Yogyakarta, kota yang populer sebagai kota pembelajaran, siapa sih yang tidak tahu. Kota yang populer dengan nickname Jogja ini menaruh perihal yang indah, kek Malioboro, Gudeg, Dagadu, Bakpia pathok, Keraton, dan yang lain.

Akhir- akhir ini Jogja jadi lebih hits lagi. Mulai dari aspek traveling yang sudah jadi lifestyle buat banyak pemain bisnis meningkatkan sayapnya, terus didukung sama power of social media yang memudahkan dan mempermudah iklan.

 Pokoknya saat ini Jogja sangat seru untuk didatangi. Apalagi desain interiornya bernuansa klasik, bukan wahana game modern. Di sisi halaman terdapat Halaman Pintar dan Halaman Budaya, di bagian tepi laut terdapat Tepi laut Parangtritis dan Tepi laut Wates, trus masih terdapat Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Becici, Kebun Buah Mangunan, Kalibiru, Goa Pindul, dan masih banyak yang lain.

Sisi lain kuliner juga tidak kalah ketinggalan, salah satunya House of Raminten. Restoran yang satu ini sudah menjadi ikonik, tanya temen kuliner tempat hits Jogja dikasih tau ini, tanya supir tempat makan di Jogja dikasih tau ini, cari tau di internet tempat yang harus didatangi di Jogja juga dikasih tau ini. Memanglah tempat ini bukanlah perihal yang baru di Jogja,

Sebenarnya dari di ruang tunggu pula sudah tercium bau nyentriknya, bau yang berasal dari dupa yang menyala dibakar. Tidak hanya itu pula banyak nampak bunga semacam sesajen di beberapa titik, berasa di Bali. Cocok ketika Anda datang pada saat cuaca lagi mendung gerimis dan mulai malam, tempatnya jadi berasa hitam remang- remang banget.

Yang tidak kalah unik buat Anda yang pertama kali datang adalah  kasir berjalan, pelayan di sini  membawa tas duit yang senantiasa siap sedia menerima pembayaran dan memberikan kembalian dari sini kita hendak langsung memperoleh tagihan disaat memesan.

Apa yang terlintas di kepala saat menyebut kata Raminten Yogyakarta? Restorannya? Kabaretnya? Ataupun bisa jadi arca perempuan separuh baya dengan sanggul besar? Semua itu memanglah karakteristik khas Raminten Yogyakarta. Tetapi, Raminten Yogyakarta lebih dari itu. Ekspedisi panjang sudah dilalui sampai Raminten mempunyai nama besar semacam disaat ini. Berikut merupakan beberapa fakta tentang Raminten Yogyakarta yang butuh kalian tahu.

Milik penerus Mirota Group

House Of Raminten Yogyakarta belum lahir disaat toko Mirota, cikal bakal Hamzah Batik saat ini, mulai dibuka pada tahun 1979. Awal mulanya, Hamzah Sulaiman meneruskan toko santapan Mirota yang dijalankan oleh orang tuanya.

Tetapi, kecintaannya terhadap batik membuat Hamzah berniat buat melanggengkan peninggalan budaya ini dengan meningkatkan toko tersebut jadi toko batik. Nama Mirota setelah itu ditukar jadi Hamzah Batik buat menjadikannya sebagai pengingat hendak si dirinya nanti.

Berawal dari kegiatan televisi

Kemudian siapakah sesungguhnya wujud di balik Raminten Yogyakarta dan seluruh waralabanya? Tidak lain dan tidak bukan merupakan Hamzah Sulaiman sendiri. Betul, Raminten merupakan seseorang pria.

Dunia seni kedudukan dan tari sendiri telah digelutinya semenjak masih duduk di bangku sekolah. Kepribadian fiktif ini dimainkan oleh Hamzah buat awal kalinya dalam kegiatan ketoprak di tv lokal 2 dekade kemudian. Tidak disangka, wujud Raminten juga meledak dan jadi langganan pentas di bermacam kegiatan. Perihal ini juga jadi inspirasinya buat menghasilkan lapangan pekerjaan dengan kepribadian tersebut.

Hamzah Batik sempat terbakar

Walaupun pernah habis dilalap api, Hamzah Batik kembali bangkit dan merevitalisasi bangunannya sampai 3 lantai, lengkap dengan House Of Raminten resto dan studio gambar Raminten Photography. Usaha peninggalan orang tua Hamzah ini saat ini sudah tumbuh jadi tempat wisata belanja harus di Yogyakarta.

Di lantai dasar, wisatawan hendak dimanjakan oleh bermacam tipe kerajinan batik, mulai dari kain, baju, sampai pernak- pernik. Di lantai 2, wisatawan leluasa berbelanja aneka souvenir dan kerajinan khas Yogyakarta yang sesuai buat oleh- oleh. Sedangkan di lantai 3 terdapat restoran, kabaret dan studio gambar.

Demikianlah data terpaut kenyataan menarik House Of Raminten. Mudah- mudahan postingan ini dapat jadi inspirasi buat Anda yah.