Akselerasi vaksin di Daerah Istimewa Yogyakarta, diselenggarakan vaksin wisata bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif serta warga sekitar di Goa Selarong, Pajangan, Bantul pada Kamis (19/8) kerjasama Dinas Pariwisata DIY, Paniradya Kaistimewan, Dinas Pariwisata Bantul, Dinas Kesehatan Bantul dan Dinas Kominfo Bantul dengan dukungan Dana Keistimewaan DIY.

Vaksinasi diikuti kurang lebih 1.000 peserta dan dimulai pukul 08.00 WIB. Vaksin Wisata ini merupakan rangkaian roadshow yang ke-21 akselerasi vaksin bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif DIY. Pelaksanaan vaksinasi ini bertujuan untuk menyiapkan ketahanan SDM bidang pariwisata dan ekraf di DIY. Diharapkan upaya menuju herd immunity bisa terealisasi, sehingga ekonomi DIY dapat mulai bangkit, dimulai dari sektor pariwisata.

Hal ini juga merupakan bagian dari inovasi pelaksanaan vaksinasi di destinasi pariwisata yang memiliki fungsi ganda, yaitu promosi destinasi dan promosi kesehatan. Turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Paniradya Pati Kaistimewaan, Aris Eko Nugroho dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, @zinggihr serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul di Goa Selarong, Bantul. Pada kesempatan ini diserahkan secara simbolis bantuan bahan perlengkapan CHSE bagi pengelola wisata di Kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata DIY mengajak seluruh pelaku wisata dan masyarakat untuk turut serta mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara vaksinasi. Semoga semua upaya yang telah dilakukan bersama, akan membawa hasil terbaik. Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.