Foto : Ig @dian_alexaa

Wisata Selokan Mataram Recomended di Yogyakarta

Bagi Anda orang yang dari luar Yogyakarta, mungkin sudah cukup mendengar bahwa Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan tempat wisata yang mana banyak orang yang pergi untuk berkunjung ketempat wisata tersebut. Tidak hanya orang yang dari daerah di tempat wisata akan tetapi dari luar Yogyakarta berbondong-bondong pergi kesana untuk menikmati wisata tersebut salah satunya yaitu wisata selokan mataram.

Bagi Anda yang belum mengetahui sebenarnya wisata selokan mataram ini wisata yang seperti apa, jadi wisata selokan mataram ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling bersejarah akan tetapi tetapi mengutamakan factor lingkungan alam dalam wisata tersebut. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan daftar list untuk menikmati waktu weekend bersama keluarga apalagi dengan anak-anak karena tempat wisata tersebut memberikan pmebelajaran bersejarah dan wisata alam.

Sebenarnya wisata selokan mataram ini merupakan tempat wisata yang bisa dibilang sangat unik sekali karena, wisata ini merupakan salah satu aliran irigasi yang dibuat pada masa lalu tepatnya pada pemerintahan sri sultan hamengkubuwono yang urutan ke 9 pada waktu itu. Pada waktu sri sultan membangun sebuah pusat irigasi, dengan memberikan beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk para pekerja romusha bagi masyarakat sekitar di daerah tersebut.

Hingga saat ini, irigasi yang dbangun pada saat zaman masa silam masih berdiri kokoh dan tegak di pinggir jalan saluran irigasi tersebut yang dahulunya diberikan nama Yushiro Hoshito yang sangat membantu perekonomian masyarakat yang prioritasnya merupakan petani pekerjaannya. Disamping itu juga selokan mataram ini membuat air melangalir dari timur ke bara, padahal pada umumnya air itu mengalir dari barat ke timur.

Daya Tarik Wisata Selokan Mataram

Daya tarik adanya tempat wisata selokan mataram ini adalah terletak pada jalanannya yang digunakan oleh para wistawan untuk berkeliling jogja dengan sangat mudah cukup dengan menyusuri aliran selokan mataram yang sangat bersejarah bagi masyarakat sekitar. Disini Anda bisa menysusuri dnegan sepeda gunung di wisata tersebut.

Daya tarik lainnya yang tersimpan adalah terletak di aliran air yang seakan-akan melawan arus yang mana harusnya mengalir dari arah timur ke barat ini yang ada kebalikannya. Selokan mataram ini memiliki daya tarik yang mana disekitarannya ada hamparan sawah yang hijau yang mampu membius mata Anda.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin datang untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir untuk menghabiskan uang banyak karena,disini Anda tidak perlu mengeluarkan budget sedkitpun, sehingga Anda bisa sengan sepuasnya menysuri wisata tersebut. Namun, sebaiknya Anda kalau ingin berkunjung ke tempat ini tidak pada musim kemarau karena aliran ini akan mongering, dan untuk jam bukanya Anda bisa berkunjung kapan pun loh.

Berdasarkan pembahasan diatas mengenai wisata selokan mataram, tempat wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk menikmati liburan bersama keluarga Anda ketika Anda sedang berkunjung di Yogyakarta.