Foto : Ig @sapto_koerniawan

Destinasi Wisata Museum Ullen Sentalu Yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda orang yang dari luar Yogyakarta, mungkin sudah cukup mendengar bahwa Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan tempat wisata yang mana banyak orang yang pergi untuk berkunjung ketempat wisata tersebut. Tidak hanya orang yang dari daerah di tempat wisata akan tetapi dari luar Yogyakarta berbondong-bondong pergi kesana untuk menikmati wisata tersebut salah satunya yaitu Wisata Museum Ullen Sentalu.

Destinasi wisata museum ullen sentalu ini berada di tempat wisata di Sleman, yang didalamnya menyajikan sejarah yang edukatif, akan tetapi masih bisa dinikmati denganĀ  semua kalangan masyarakat. Museum ullen sentalu ini berlokasikan di dataran tinggi kaliurang, lebih tepatnya berada di jalan boyong kaliurang, kecamatan pakem, kabupaten sleman , Yogyakarta.

Untuk harga tiket masuknya jika Anda dan sekeluarga ingin berkunjung ditempat ini ialah disediakan dengan per paket, yang mana terdiri dari dua paket yaitu paket tur adiluhung mataram, dan paket tur vorstenladen, yang dimana kedua paket ini memiliki harga yang berbeda yaitu untuk paket tur adiluhung sebesar RP.50.000 sedangkan untuk paket tur vorstenladen sebesar Rp.100.000.

Sedangkan untuk jam buka museum ullen sentalu ini dibuka di hari normal setiap hari selasa sampai dengan minggu , yang mana dibuka dari jam 08.30 sampai jam 16.00 sedangkan hari senin di tutup.

Fasilitas yang disediakan di museum ullen sentalu :

Untuk fasilitas yang disediakan dan yang bisa Anda nikmati ketika pergi berkunjung ke destinasi wisata museum ullen sentalu ini ialah terdiri dari, area parkir, toilet, guide atau tim pemandu, barang-barang atau patung bersejarah, tempat duduk, musholah dan lain-lainnya.

Peraturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke wisata museum ullen sentalu ialah :

Ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung ketika sedang berkunjung di museum ullen sentalu ini diantaranya ialah : Anda harus mematuhi protocol kesehatan atau prokes, selanjutnya Anda tidak diperbolehkan membawa makanan, dan minuman ya, jadi usahakan sudah makan sebelum pergi berkunjung, tidak menyentuh barang-barang berharaga milik museum, selalu dipandu oleh tourguide selama menjelajah ara wisata,

Selanjutnya, ketika Anda ingin mendokumentasikan baik berupa gambar, atau vdiio anda harus ijin terlebih dahulu kepada pihak pengelola, terutama yang berkaitan dengan barang-barang yang bersejarah dan budaya jawa karena barang-barang tersebut sangat dirawat dan sangat dijaga sekali.

Jadi, harap dimaklumi jika penjagaannya sangatlah ketat, karena barang-barang yang ada didalam musem merupakan barang-barang yang bersejarah, yang menjadi daya tarik dari wisata museum ullen sentalu ini adalah guide, tur adiluhung mataram, dan juga tur vorstenlanden.

Berdasarkan penjelasan diatas mengenai Wisata Museum Ullen Sentalu semoga bisa menjadi referensi tempat liburan bersama keluarga Anda, disini Anda tidak hanya sekedar liburan akan tetapi Anda bisa belajar tentang sejarah juga.