sumber: https://gudeg.net/direktori/4769/angkringan-pendopo-ndalem.html

Bila bertanya apa tempat makan paling diminati di Jogja, sudah pasti angkringan jawabannya. Pada umumnya, angkringan ini identik dengan gerobak kecil dan tenda. Namun ada yang berbeda yaitu angkringan Pendopo Ndalem.
Sekilas Mengenai Angkringan Pendopo Ndalem
Tidak seperti warung angkringan biasa, yang satu ini punya daya tarik tersendiri. Jika pada umumnya angkringan hanya berupa gerobak kecil atau tenda, yang ini justru memanfaatkan rumah jawa sebagai area makan.
Bisa jadi Anda menjadi sangat tertarik untuk mencoba makan di sana. Nuansa yang ditawarkan sangat berbeda. Memadukan suasana klasik dan modern membuat angkringan paling populer di Jogja ini makin dikenal.
Fakta-Fakta Angkringan Pendopo Ndalem
Lokasinya Berada di Dekat Kraton Yogyakarta
Sejatinya, lokasi angkringan Pendopo Ndalem sendiri berada dekat dengan kraton Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Sompilan Nomor 12, Ngasem Yogyakarta. Anda mungkin sana penasaran tentang jam operasional tempat makan angkringan tersebut.
Tempat ini bisa melayani pelanggan mulai pukul 18.00 WIB sore. Sementara jam tutupnya sendiri biasanya sampai tengah malam yaitu jam 00.00 WIB. Jika berniat datang, jangan lupa antre, karena tempatnya terlihat tidak pernah sepi pembeli.
Hadir Dengan Nuansa Kerajaan
Nuansa yang ditawarkan warung angkringan ini sangat unik. Anda dapat merasakan langsung makan dengan latar belakang kerajaan. Selain menggunakan rumah khas jawa, desain di dalamnya juga dibuat semirip mungkin dengan kraton Yogyakarta.
Anda mungkin belum tahu karena sangking uniknya, angkringan Pendopo Ndalem ini pernah dijadikan tempat syuting film. Waktu itu ada film yang cukup populer yaitu Bumi Manusia yang pernah ambil gambar di sini.
Menyediakan Jajanan Khas Jogja
Seperti warung angkringan pada umumnya, di sana Anda akan ditawarkan berbagai macam menu makanan lezat. Seperti nasi kucing hingga sate-satean dengan berbagai variasi. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa pesan aneka jajan khas Jogja seperti clorot, kipo, dan lainnya.
Punya Minuman Unik
Puas menikmati makanan dan jajanan yang tersedia, Anda pasti perlu pesan minuman juga bukan? Di sana Anda bisa menikmati banyak varian minuman, tapi yang menjadi andalan adalah wedang Bledug. Terbuat dari rempah-rempah seperti serai, jahe, dan sebagainya.
Harus Anda catat adalah walaupun angkringan Pendopo Ndalem ini tergolong mewah, pengunjung tidak perlu mengeluarkan budget terlalu besar. Rata-rata menu di sana ditawarkan mulai Rp1.000,- hingga Rp12.000,- saja. Jadi ramah di kantong.