https://www.instagram.com/segosambelsurabayaiwakpe/?hl=id

Sego sambal iwak Pe adalah kuliner yang dikenal dengan cita rasanya yang pedas. Kini Anda bisa menikmati makanan legendaris khas Surabaya ini di kota Gudeg, Jogjakarta. Yuk, intip ulasan singkat tentang makan lezat yang satu ini!

Orang Indonesia tidak hanya identik dengan nasi, namun juga dikenal tidak bisa lepas dari makanan pedas, yakni sambal. Salah satu yang begitu banyak diminati warga lokal dan wisatawan adalah olahan sambal pedas dipadu dengan iwak Pe atau ikan Pari.

Ikan Pari adalah salah satu menu yang menjadi lauk favorit bagi sebagaian masyarakat, utamanya jika diolah menjadi makanan pedas. Ikan berbentuk pipih ini mempunyai cita rasa daging yang lembut dan gurih. Jadi sudah menjadi hal lazim jika iwak Pe diolah menjadi penyetan atau Sego sambal iwak Pe.

Sensasi gurih dari iwak Pe dipadu dengan pedasnya sambal dijamin akan membuat selera tergugah. Cara mengolah daging ikan Pe yang tepat akan menghasilkan tekstur daging ikan yang lembut, sehingga lezat dan nikmat untuk disantap. Untuk menghasilkan lauk yang enak, Iwak Pe terlebih dahulu diasap setengah matang sebelum kemudian digoreng.

Sambal untuk menu Sego sambal iwak Pe dibuat khas untuk meningkatkan nafsu makan pelanggan. Terbuat dari bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula, cabai rawit, dan terasi pilihan. Tak ayal sensasi pedas yang menyengat akan menyambut lidah Anda saat mencicipinya. 

Harga yang ditawarkan tiap porsi pun sangat ramah dikantong yakni hanya mulai Rp.15.000-an saja. Kendati dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, namun rasa tetap bintang lima. Sebab dibuat dari ikan Pari serta bahan-bahan sambal yang masih segar, kualitas rasa pun tak diragukan lagi.

Ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan Sego sambal iwak Pe di Jogjakarta, mulai dari resto hingga warung tenda. Umumnya satu porsi sego sambal diisi dengan sambal pedas, iwak Pe, nasi hangat dan menu lauk tambahan lainnya.

Untuk menikmati satu porsi nikmat sego sambal dengan lauk iwak Pe ini, tentu Anda harus rela mengantri terlebih dahulu. Sebab salah satu kuliner malam Jogja yang satu ini cukup banyak peminatnya. 

Jika Anda bosan menyantap ikan yang itu-itu saja, Sego sambal iwak Pe bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Anda akan dimanjakan oleh nikmatnya iwak Pe dengan guyuran sambal yang pedas dan melimpah. Tak heran jika menu yang satu ini menjadi primadona bagi pecinta pedas. Berani coba?