Foto : @yudie_chazchuz_

Menelisik Lebih Jauh Keindahan Objek Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul – Indonesia adalah salah satu negara kepulauan dengan sumber daya alam dan keindahan alamnya yang sangat luar biasa berlimpah. Ketika Anda mengexplore Indonesia maka Anda pastinya akan terpesona dengan keindahan alam yang dapat memanjakan dan membuat Anda betah berada di alam bebas dibandingkan ketika Anda sedang di rumah.

Salah satu daerah dengan keindahan yang sangat menakjubkan yang ada di Indonesia adalah daerah Yogyakarta. Tidak hanya terkenal dengan daerah pelajar, tetapi daerah ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan banyak tempat-tempat indah yang telah dijadikan sebagai objek wisata alam yang akan menemani Anda dan menjadi tujuan liburan Anda ketika Anda sedang ingin menikmati liburan bertema alam.

Diantara banyaknya tempat wisata alam yang ada di Yogyakarta, bukit pengilon gunung kidul adalah sebuah tempat yang sangat indah serta menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi bersama keluarga, teman, sahabat ataupun rekan kerja Anda. Anda akan menikmati sebuah suasana perbukitan sekaligus pantai dalam 1 tempat yang sama dan menjadi alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk menuju tempat ini.

Akan tetapi di waktu sekarang ini, bila Anda ingin melakukan liburan maka sebaiknya Anda tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jangan sampai Anda salah dan lalai terhadap protokol kesehatan yang ada, sebab jika daya tahan tubuh Anda tidak kuat dan Anda terpapar maka akan membahayakan untuk nyawa Anda tentunya.

Bukit pengilon ini sendiri merupakan salah satu wisata alam bukit yang sangat hijau dan begitu asri tetapi pada tempat ini Anda akan melihat hamparan hijau dan ketinggian yang langsung dibelah oleh hamparan air laut. Sehingga ketika Anda berwisata ke tempat ini maka Anda akan merasakan berwisata di ketinggian dan juga berwisata pantai dalam 1 waktu dan tempat yang sama.

Bila Anda berniat untuk mengunjungi tempat ini maka berikut ini informasi yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak kesasar dan tidak kebingungan ketika mengunjungi tempat ini. Simak informasi mengenai bukit pengilon dengan teliti dan cermati setiap informasi berikut ini.

Lokasi

Bukit pengilon gunung kidul berada d bagian Tepus, Purwodadi, Gunung kidul. Tempat ini berada searah dengan jalur pantai Watu lumbung dan juga panta wedi ombo. Tempat ini sangatlah luas bahkan menghubungkan 3 pantai sekaligus. Bila Anda ingin mengunjungi tempat ini Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua sejauh 75 km dari pusat kota Yogyakarta.

Jalan yang akan Anda lalui cukup baik karena telah menggunakan aspal halus, walau sebenarnya tempat ini memang sedikit terpencil karena berada di bagian desa gunung kidul.  Bila Anda mengunjungi tempat ini maka Anda tidak perlu takut hilang karena jalur menuju tempat ini sudah dapat Anda ikuti melalui google.

Fasilitas

Tempat ini merupakan tempat alam terbuka dan berada jauh dari pemukiman warga sehingga ketika Anda mengunjungi tempat ini maka Anda jangan berharap akan menemukan fasilitas seperti kamar mandi maupun tempat makan. Sehingga ketika Anda mengunjungi tempat ini maka Anda harus menyiapkan banyak hal seperti keperluan untuk berkemah.

Sebab di bukit pengilon gunung kidul memang menjadi tempat berkemah paling menyenangkan dan paling baik yang bisa Anda lakukan. Sebab Anda bisa menikmati ketinggian dan alam pantai sekaligus, selain itu tempat ini juga memiliki tempat yang landai dan cocok dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda. Namun ketika Anda ke tempat ini maka sebaiknya Anda lakukan pada penghujung musim panas dan sebelum musim hujan tiba.

Harga Tiket

Saat ini tempat ini telah dipelihara oleh pihak pemerintah sehingga ketika Anda ingin masuk ke tempat ini maka Anda wajib untuk membayar tiket masuk. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket yang ditawarkan masih terjangkau, yakni 5000 untuk setiap individu. Selain itu Anda juga akan dikenai biaya parkir sebesar 2000 rupiah.

Itulah informasi yang harus Anda ketahui sebelum melakukan wisata alam di bukit pengilon gunung kidul. Lakukan wisata di waktu terbaik dan tetap menjaga protokol kesehatan selama berwisata.