Dinas Pariwisata DIY melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata Tahun 2024. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai Maret s.d. Mei sebanyak 26 lokasi di DIY dengan dukungan Dana Keistimewaan DIY. Peserta sosialisasi sejumlah 40 orang yang terdiri dari Pemerintah Desa/Kalurahan, anggota Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), desa/kampung wisata, pengelola daya tarik wisata dan masyarakat di sekitar daya tarik wisata.


Kegiatan ini berkolaborasi dengan DPRD DIY, DPD GIPI DIY, dan Forkom Desa/Kampung Wisata dan Pokdarwis DIY yang hadir sebagai narasumber dengan menyajikan materi terkait Peran dan Dukungan DPRD DIY terhadap Kebijakan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta terkait Pengembangan Pariwisata, Sapta Pesona dan Pelayanan Prima, serta Peran Forkom dan Pokdarwis dalam pengembangan wisata di Destinasi/Desa/Kampung Wisata.

Sosialisasi Sadar Wisata merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk mendorong kelompok sadar wisata agar makin meningkatkan kualitas, peran dan kapasitasnya dalam pengembangan dan pengelolaan kepariwistaan yang lebih inovatif, kreatif dan berwawasan lingkungan serta berkelanjutan. Selain itu, untuk mengembangkan dan menumbuhkan sikap dan dukungan positif masyarakat sebagai tuan rumah melalui perwujudan nilai-nilai Sapta Pesona bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di daerah, manfaatnya bagi pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat.

 

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!