Pejabat fungsional Analis Kebijakan Muda Dinas Pariwisata DIY Erni Srijarwati Harahap mewakili Kepala Dinas Pariwisata DIY, membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Lokal di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) AMPTA, Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 25 April 2024.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) DIY dan LSP Gunadarma ini ditujukan untuk Pemandu Wisata Cangkringan, Sleman sebanyak 25 orang, berupa pelatihan selama 3 hari dan uji kompetensi 1 hari.

Data dari DPD HPI DIY tahun 2023 menyebutkan lebih dari 50% total Pemandu Wisata di DIY (364 orang) berusia lebih dari 50 tahun, usdah masuk kategori tua. Oleh karena itu diperlukan regenerasi, terutama untuk memenuhi demand (permintaan) pemandu wisata berbahasa asing saat musim libur (high season). Juga untuk mewujudkan visi misi Pariwisata DIY tahun 2025 yakni menjadi tujuan wisata terkemuka Asia Tenggara.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!