Pelaku Industri Pariwisata DIY melakukan audensi bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dipimpin oleh Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bobby Ardyanto beserta GKR Bendara selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD DIY), Deddy Pranowo Ketua DPD PHRI DIY, Royen Lodewyk Pardede Ketua DPD HPI DIY, Edwin Ismedi Himna Ketua ASITA DIY, Adi Prasetyo Ketua Organda DIY serta tenaga ahli pariwisata Ike Janita Dewi. Rombongan pelaku wisata diterima di Ndalem Ageng Komplek Kepatihan Yogyakarta, Selasa (23/07/2024).

Bobby Ardianto memaparkan, paradigma system thinking dan transformasi ekosistem kepariwisataan mengutamakan perubahan egosentris ke ekosentris dan lintas dimensi. Selain itu, juga mengutamakan lintas disiplin, berdimensi jangka panjang, berpusat pada manusia, berpijak pada pengelolaan dan tata kelola yang adaptif dan dinamis, serta berorientasi terhadap nilai berkelanjutan.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut baik dan akan terus mengupayakan perkembangan sektor pariwisata di DIY. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan sinergi dari semua pihak, khususnya para pelaku pariwisata dalam membangun pariwisata di DIY serta sektor pariwisata dapat mengoptimalkan Jogja Smart Province yang dilakukan bersama kabupaten/kota di DIY.


Untuk sementara, Sri Sultan mengharapkan adanya desain pembentukan Sekretariat Bersama (Sekber) Pariwisata. Menurut Sri Sultan, itu menjadi langkah awal yang penting dan strategis, sebelum ke tahap yang lainnya.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!