Penyelenggaraan Raimuna DIY tahun 2024 tidak hanya menjadi ajang pertemuan, tetapi juga wadah untuk pengembangan diri, budaya, pengabdian masyarakat, dan persatuan kesatuan dalam usaha mencari dan menumbuhkan bibit pemimpin masa depan bangsa. Mengusung tema “Nyata Nyawiji Kanggo Yogyakarta”,  Ratusan Pandega dan Penegak terpilih dari 5 Kabupaten/Kota se-DIY berkumpul di Bumi Perkemahan Candi Banyunibo untuk mengikuti Raimuna Daerah Istimewa Yogyakarta yang diaadakan pada tanggal 22-25 Agustus 2024 di kawasan wisata Banyunibo, Prambanan.

Raimuna DIY tahun 2024 bertujuan mendorong peserta untuk beraksi nyata dalam upaya pemberdayaan masyarakat dengan tema”Pramuka Istimewa Beraksi Nyata, Lestarikan Budaya, Menggapai Cakrawala”. Dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Harian (Kamabidari) DIY Kak Didik Wardaya dilanjutkan pemukulan kentongan sebagai simbolisasi pembukaan, kemudian penyematan tanda peserta oleh Kak Didik Wardaya didampingi Ketua Kwarda DIY Kak GKR Mangkubumi.


Rangkaian kegiatan Raimuna DIY tahun 2024 diantaranya: malam harinya diadakan acara Sugeg Rawuh atau malam selamat datang yang dihadiri oleh kak GKR Mangkubumi selaku Ketua Kwartir Daerah DIY, berlangsung juga talkshow inspiratif dengan narasumber kepala kak Dian Lakshmi selaku Kundha Kabudayaan DIY dan kak KMT Yudha Wijaya serta penampilan pentas budaya dari 5 kabupaten/Kota se-DIY dan sendratari dari masyarakat kelurahan Bokoharjo. Melalui berbagai kegiatan Malam Sugeng Rawuh ini, Gerakan Pramuka DIY menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga lingkungan dan melestarikan budaya, serta memotivasi generasi muda untuk terus berkontribusi dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkaya pengalaman mereka, baik di dalam maupun di luar bumi perkemahan. Peserta bersama para pimpinan kontingen (Pinkon) dan pendamping, menjelajahi sejumlah situs bersejarah dan museum di Yogyakarta, diantaranya kunjungan ke Museum Akademi Angkatan Udara (AAU), di mana para peserta akan belajar tentang peran penting kedirgantaraan dalam sejarah Indonesia, tour The Heritage of Jogja, sebuah perjalanan yang akan membawa peserta mengenal lebih dekat warisan budaya Yogyakarta yang kaya, serta kunjungan ke Museum Sonobudoyo untuk mendalami lebih lanjut sejarah dan kebudayaan yang menjadi kebanggaan Yogyakarta serta memperkuat rasa persaudaraan di antara seluruh peserta.

Sebagai wujud kontribusi terhadap kelestarian lingkungan Raimuna DIY 2024 menyesediakan sebanyak 150 bibit pohon disiapkan untuk ditanam, terdiri dari dua jenis, yaitu bibit Ketapang Kencana dan Jambu Mede. Penanaman bibit ini dilakukan oleh para peserta dengan penuh semangat, menunjukkan komitmen mereka terhadap upaya penghijauan dan pelestarian alam di kawasan Bokoharjo dan sekitarnya, serta menjadi salah satu warisan positif yang ditinggalkan oleh peserta Raimuna Daerah DIY 2024 bagi generasi mendatang.

Raimuna Daerah DIY 2024 mencapai puncaknya pada malam ketiga, Sabtu, 24 Agustus 2024, dengan digelarnya Malam Wirajaya, yang juga menandai penutupan resmi seluruh rangkaian kegiatan. Bertempat di panggung utama Raimuna DIY 2024 di Kawasan Wisata Candi Banyunibo, Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta, acara ini menjadi momen puncak yang paling dinantikan oleh para peserta.

Malam Wirajaya diawali dengan penampilan pentas seni dari kontingen kabupaten Bantul yang menampilkan drama teaterikal Bantul Subur Makmur dan Kabupaten Gunung Kidul yang menampilkan tari Caping ayu, pentas seni ini di tutup dengan flash mop. Suasana malam semakin semarak dengan penampilan dari tiga guest star yang telah ditunggu-tunggu, yaitu Aldabra, Damarade, dan Bangkit Yuyudono, yang berhasil menghibur dan memeriahkan suasana.

Setelah rangkaian hiburan di Malam Wirajaya, acara dilanjutkan dengan upacara penutupan Raimuna Daerah DIY 2024. Upacara penutupan ini dipimpin oleh Kak Aria Nugrahadi, Sekretaris Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang secara resmi menutup kegiatan dengan pemukulan kentongan, diikuti dengan pelepasan tanda peserta. Simbolisasi ini menandai berakhirnya kegiatan yang telah memberikan banyak pengalaman berharga bagi para peserta.

Salam Pramuka !!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!